Honda MetaWorld, Honda
Honda MetaWorld, Honda

Jalan-Jalan Ke Kota Honda MetaWorld, Ini Wisatanya

Ekawan Raharja • 09 Februari 2023 10:00
Jakarta: Honda bekerja sama dengan Telkom mengembangkan Honda MetaWorld, sebuah kota di dunia virtual (metaverse). Di dalamnya terdapat berbagai aktivitas orang-orang layaknya kota di dunia nyata, dan tersedia berbagai fitur untuk mencoba mobil-mobil pabrikan asal Jepang tersebut.
 
Kota di metaverse ini hadir sebagai pengembangan dari kerja sama keduanya sejak 2022 di metaNesia. Jika dahulu masih berbentuk dealer virtual, kini dikembangkan dengan konsep kota yang memiliki 60 kali lebih besar melalui fitur atraktif, teknologi interaktif, hiburan, serta aktivitas di dalamnya.
 
Di dalamnya terdapat skate park, Residential Area, Urban Area, dan Test Drive Area untuk mobil WR-V secara virtual. Avatar yang menjadi representasi virtual para pengunjung kini dibuat lebih interaktif dengan teknologi Mic and Chat, pilihan gestur dan ekspresi yang lebih bervariasi, serta fitur Swafoto.

Agar semakin meriah, Honda juga berencana untuk menggelar berbagai aktivitas dan permainan seperti kumpul komunitas dan talkshow virtual, kompetisi balap dan masih banyak lagi.
 
Public Relations & Digital Strategy Senior Manager PT Honda Prospect Motor, Yulian Karfili, mengatakan Pengguna platform metaNesia sebagian besar merupakan anak-anak muda yang disebut sebagai Gen-Z. Segmen yang berada di rentang usia antara 9-24 tahun ini juga merupakan salah satu populasi terbesar di Indonesia, serta mempunyai karakteristik yang sangat terbuka dan cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. Bagi perusahaan, segmen ini juga merupakan salah satu bagian terbesar dari segmen pembeli mobil pertama (first time buyers) saat ini dan di masa depan.
 
“Honda MetaWorld hadir sebagai salah satu inovasi untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang dapat mendekatkan diri dengan masyarakat, terutama dari kalangan Gen Z yang merupakan generasi yang lahir di era teknologi digital," ujar Yulian melalui jumpa pers virtualnya pada Rabu (8-2-2022).
 
“Dukungan kolaborasi antara kedua pihak merupakan sebuah komitmen dalam penerapan teknologi baru seperti metaverse untuk mendukung aktivitas ekonomi kreatif di Indonesia. Pembuatan virtual showroom di metaNesia diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat dan melakukan adaptasi pada teknologi baru seperti metaverse,” tambah Product Manager Telkom Indonesia, David Cuh Sihotang, di kesempatan yang sama.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan