Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Trik UD Truck untuk Hadapi Penggunaan BBM Biodiesel B20

Ahmad Garuda 25 Oktober 2018 06:49 WIB
bbmud trucks
Trik UD Truck untuk Hadapi Penggunaan BBM Biodiesel B20
UD Trucks akali filter BBM dan tangki untuk penggunaan biodiesel B20. Dok medcom.id
Tokyo: Penerapan bahan bakar biodiesel B20 yang merupakan pencampuran solar 80 persen dengan ethanol 20 persen, membuat banyak pabrikan mobil truk melakukan serangkaian perubahan. Termasuk untuk membuat mesin-mesin mereka bisa menggunakan bahan bakar yang sudah diterapkan secara nasional itu.

Menurut Direktur Pemasaran dan Logistik UD Trucks Indonesia, Handi Lim, bahwa satu setengah tahun sebelum biodiesel B20 diterapkan, mereka sudah melakukan pengetesan yang ril di lapangan. Mengingat ini penting untuk kepercayaan konsumen terhadap produk mereka.

"Makanya saat melakukan pengetesan mobil dengan jarak tempuh yang memang biasa ditempuh para sopir dan beban yang ditetapkan, kami berupaya untuk melakukan pengetesan ril. Termasuk kandungan ethanol di biodiesel. Kami benar-benar mencari yang kandungannya 20 persen, sehingga target pengetesan yang kami lakukan tercapai," ungkap Handi.

Menurutnya, pada dasarnya penggantian bahan bakar dari diesel biasa ke biodiesel B20, yang paling berpengaruh adalah masalah kandungan FAME atau airnya. Makanya yang paling penting adalah bagaimana melakukan penyaringan yang lebih baik terhadap kandungan air di bahan bakar agar efektif. Di situlah peran penting filter bahan bakar.


"Sekarang kami rancang secara khusus dan tangki BBM juga kami berikan lapisan khusus di bagian dasarnya agar tidak mudah menyerap air. Sementara untuk truk-truk Nissan Diesel yang juga jadi bagian dari kami, dilakukan penggantian filter. Bentuknya sama, tapi materialnya saja yang berbeda. Kemudian juga jarak tempuh pemakaian kami sarankan penggantian setiap 10 ribu kilometer."

Handi menegaskan bahwa saat ini mereka juga sudah bersepakat dengan pemerintah untuk melakukan riset lebih lanjut tentang bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Mereka akan memulai riset tentang B30 beberapa saat mendatang. Kita tunggu kabar lanjutannya.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id