Tesla Motors sudah mengkombinasikan gawai untuk membuat kunci pintu mobilnya. Tesla Motors
Tesla Motors sudah mengkombinasikan gawai untuk membuat kunci pintu mobilnya. Tesla Motors

Teknologi Otomotif

Membuka Pintu Mobil dengan Sistem Pengenalan Wajah

Otomotif ford teknologi otomotif apple hyundai tesla
Ekawan Raharja • 25 Februari 2019 14:57
Silicon Valley: Teknologi keamanan di mobil terus ditingkatkan dari waktu ke waktu. Jika dahulu membuka pintu mobil membutuhkan kunci, kemudian sekarang ini menggunakan sistem remot, dan di masa depan bisa saja membuka mobil berdasarkan sistem pengenalan wajah.
 
Apple baru saja memperkenalkan paten kepada dunia untuk membuka dan menghidupkan mobil berdasarkan pengenalan wajah. Teknologi ini seperti membuka gawai dengan cara pengenalan wajah melalui camera depan.
 
Sistem ini menggunakan gawai yang sudah terintegrasi dengan mobil untuk membuka mobil. Sistem di gawai akan melakukan sensor wajah ketika pemilik/penggunanya sudah mendekati mobil, dan kemudian pintu mobil akan terbuka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika tidak memiliki iPhone juga tidak usah risau, karena paten ini tidak terbatas untuk produk berlogo buah apel tergigit tersebut. Sistem seperti Face-ID ini bisa dibenamkan di kabin untuk melalukan pengenalan wajah, memberikan perintah dan juga mengenali supir.
 
Membuka Pintu Mobil dengan Sistem Pengenalan Wajah
 
Di masa depan juga, paten dari Apple ini bisa di set untuk mengenali beberapa wajah sekaligus untuk disesuaikan dengan penggunanya. Selain itu, sistem pengenalan wajah ini kemudian bisa mengatur posisi jok, suhu di dalam kabin, jaringan radio, dan berbagai personalisasi di dalam mobil lainnya. Bahkan pengenalan wajah ini bisa digunakan untuk mengunci bagian-bagian tertentu seperti bagasi atau glove box agar tidak sembarangan orang membukanya.
 
Ide membuka mobil melalui sistem gestur badan ini jelas bukanlah sebuah konsep baru di dunia otomotif. Sebelumnya sudah banyak pabrikan otomotif yang memiliki ide ini berdasarkan aplikasi yang tersambung.
 
Sebut saja sebagai contoh Ford dengan fitur Sync Ecosystem yang bisa mengendalikan mobil berdasarkan tulisan di headunit, Tesla Model 3 yang membutuhkan gawai yang sudah diatur untuk membuka pintu, atau Hyundai yang sudah memperkenalkan teknologi menghidupkan mesin melalui sidik jari.
 
Teknologi seperti ini tentu membuat kunci yang digunakan sekarang ini tampak using. Bahkan ada kemungkinan system gesture wajah ini di masa depan akan menjadi cara untuk mengakses mobil (mulai dari membuka mobil, menghidupkan mesin, hingga mengaktifkan berbagai fitur lainnya). Tidak menutup kemungkinan jika mobil otonom penuh mulai diresmikan, maka system gesture wajah ini mulai diterapkan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif