medcom.id, Italia: Banyak pembalap yang sangat girang ketika penyelenggara balap Formula One (F1) melakukan perubahan regulasi di ajang tersebut. Bodi mobil lebih lebar, begitu juga ban dan beberapa komponen lainnya, menjadi hal yang penting bagi tim dalam pembalap.
Tapi pengetesan performa yang bakal sesuai ekspektasi, menurut produsen ban asal Italia (Pirelli), hanya akan terlihat maksimal di sirkuit seperti Silverstone. Karakter tikungan yang panjang-panjang, memungkinkan sistem aerodinamika di mobil bekerja maksimal. Begitu juga dengan karakter grip ban yang bakal lebih besar.
"Pembalap bakal merasakan tambahan gaya gravitasi 1 G lagi saat menikung di tipe high speed corner seperti yang banyak terdapat di Silverstone. Kemudian kecepatan mobil juga bakal bertambah sekitar 25 mil per jam di zona tersebut," klaim Direktur Motorsport Pirelli, Paul Hembery.
Prediksi Hembery ini membuat banyak pembalap melakukan latihan ketahanan untuk meningkatkan durabilitas fisik, sudah berlangsung. Mengingat tambahan gaya gravitasi di tikungan, bakal membuat pembalap harus lebih tahan banting. Jika tidak, maka mereka bakal kecapekan saat balapan masih menyisakan jumlah lap yang banyak.
Sayangnya, Sirkuit Silverstone saat ini masih mengalami masalah besar soal pendanaan balapan dan belum menemukan solusi untuk itu. Jika dibandingkan dengan Monza, Italia, memang masih kalah cepat. Tapi karakter tikungan yang yang sangat tricky di Silverstone membuat sirkuit ini banyak dipilih sebagai sirkuit favorit untuk menguji regulasi baru F1 tahun ini.
medcom.id, Italia: Banyak pembalap yang sangat girang ketika penyelenggara balap Formula One (F1) melakukan perubahan regulasi di ajang tersebut. Bodi mobil lebih lebar, begitu juga ban dan beberapa komponen lainnya, menjadi hal yang penting bagi tim dalam pembalap.
Tapi pengetesan performa yang bakal sesuai ekspektasi, menurut produsen ban asal Italia (Pirelli), hanya akan terlihat maksimal di sirkuit seperti Silverstone. Karakter tikungan yang panjang-panjang, memungkinkan sistem aerodinamika di mobil bekerja maksimal. Begitu juga dengan karakter grip ban yang bakal lebih besar.
"Pembalap bakal merasakan tambahan gaya gravitasi 1 G lagi saat menikung di tipe high speed corner seperti yang banyak terdapat di Silverstone. Kemudian kecepatan mobil juga bakal bertambah sekitar 25 mil per jam di zona tersebut," klaim Direktur Motorsport Pirelli, Paul Hembery.
Prediksi Hembery ini membuat banyak pembalap melakukan latihan ketahanan untuk meningkatkan durabilitas fisik, sudah berlangsung. Mengingat tambahan gaya gravitasi di tikungan, bakal membuat pembalap harus lebih tahan banting. Jika tidak, maka mereka bakal kecapekan saat balapan masih menyisakan jumlah lap yang banyak.
Sayangnya, Sirkuit Silverstone saat ini masih mengalami masalah besar soal pendanaan balapan dan belum menemukan solusi untuk itu. Jika dibandingkan dengan Monza, Italia, memang masih kalah cepat. Tapi karakter tikungan yang yang sangat tricky di Silverstone membuat sirkuit ini banyak dipilih sebagai sirkuit favorit untuk menguji regulasi baru F1 tahun ini.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)