Takuma Aoki jajal Jaguar I-Pace eTrophy mulai seri ketiga. Jaguar
Takuma Aoki jajal Jaguar I-Pace eTrophy mulai seri ketiga. Jaguar

Balap Mobil

Takuma Aoki Bakal Geber Jaguar I-Pace eTrophy Spek Khusus

Otomotif balap mobil jaguar
Ahmad Garuda • 11 Februari 2020 08:20
Inggris: Takuma Aoki, mantan pembalap sepeda motor World Superbike dan Grand Prix, bergabung dengan Jaguar I-PACE eTrophy untuk Team Yokohama Challenge. Pembalap Jepang ini ingin membuat sejarah sebagai penyandang cacat pertama yang berlomba dalam seri balapan mobil listrik internasional pada putaran ke 3 di Mexico City pada tanggal 15 Februari.
 
Aoki lumpuh dari pinggang ke bawah setelah mengalami kecelakaan pada 1998, setahun setelah ia berhasil menyelesaikani 5 putaran menggunakan Honda di kelas 500GP. Sejak itu, Aoki tetap terlibat dalam kegiatan motorsport dan sukses bersaing menggunakan kendaraan roda empat yang telah dimodifikasi secara khusus di Dakar Rally 2009 dan Asia Cross Country Rally 2016.
 
Pada pengalaman pertamanya dalam balap mobil listrik, Takuma akan mengendarai Jaguar I-Pace eTrophy yang telah dimodifikasi secara khusus. Sebuah Guido Simplex America Lever aktuator telah dipasang di kolom kemudi menggunakan braket khusus yang telah dimodifikasi bentuknya dan dibuat oleh Jaguar Land Rover SVO, M-Sport dan tim teknik balap dari Takuma.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Modifikasi pada posisi pedal box dibuat untuk meningkatkan efisiensi dari aktuasi rem dan aktuasi 'pull type' yang dibuat khusus dari throttle untuk memanfaatkan kontrol throttle elektronik eTrophy. Bentuk yang unik menggunakan pedal yang ada untuk memudahkan modifikasi menjadi mobil balap Jaguar I-Pace eTrophy.
 
“Saya sangat senang bisa bergabung dengan Jaguar I-Pace eTrophy dengan tim ini sebagai kompetisi pertama saya di mobil balap listrik. Semua orang mempunyai tantangan dalam hidup tetapi saya sekarang dapat membuktikan bahwa hidup ini tidak berakhir dan Anda masih dapat menantang impian. Bahkan saat lumpuh sekalipun," ujar Takuma.
 
Hal ini pun disambut dengan sangat baik oleh Manajer Jaguar I-Pace eTrophy, Mark Turner. Menurutnya, tidak perlu meragukan kualitas dari Aoki lantaran Ia punya dedikasi tinggi di dunia balap. Dan ini akan terus berlanjut pada balap mobil listrik untuk pertama kalinya.
 
Soal modifikasi di mobil agar bisa digunakan oleh Aoki yang kini berkemampuan khusus, Jaguar I-Pace eTrophy Vehicle Engineering Manager, Adam Jones mengatakan bahwa ini akan punya tantangan tersendiri bagi Aoki.
 
“Semua kontrol menggunakan tangan adalah tantangan yang menarik bagi SVO. Bekerja bersama tim balap Takuma dan M-Sport, kami telah mengirimkan sebuah paket yang memungkinkan Takuma untuk bertransisi secara kompetitif pada seri balap eTrophy. Ini merupakan kolaborasi luar biasa dan menunjukkan Teknik yang progresif dan inovatif di balik Jaguar I-PACE eTrophy,” imbuh Adam.
 
Event yang akan berlangsung di Mexico City pada Sabtu 15 Februari nanti, adalah seri ketiga dan akan jadi pembuktian bagi Aoki.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif