Sebuah mobil Toyota Vellfire berpelat B 29 ZBA terbakar di Jalan Iskandar Muda, Pondok Indah, Jakarta Selatan. NTMCPolri
Sebuah mobil Toyota Vellfire berpelat B 29 ZBA terbakar di Jalan Iskandar Muda, Pondok Indah, Jakarta Selatan. NTMCPolri

Peristiwa Otomotif

Vellfire Terbakar di Jalan, Ini Asumsi Toyota

Otomotif toyota mobil terbakar
Ekawan Raharja • 13 Mei 2020 09:24

Jakarta: Jakarta: Sebuah mobil Toyota Vellfire baru mengalami kebakaran di Kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, dan cukup viral di sosial media. Hal ini juga menarik perhatian Toyota sebagai produsen pembuat mobil tersebut menanggapi kejadian tersebut.
 
Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, menjelaskan sampai saat ini mereka belum mengetahui penyebab kebakaran multi purpose vehicle (MPV) mewah tersebut. Sampai saat ini mereka juga belum dihubungi oleh pihak kepolisian untuk membantu penyidikan mengenai kejadian nahas tersebut.
 
"Soal Alphard atau Vellfire terbakar, kita sudah di info dari dealer. Jadi kita sedang menunggu informasi lebih lanjut karena kemarin sudah sore jadi belum ada panggilan buat TAM untuk mengunjungi unit tersebut," ucap Anton Jimmi Suwandy Selasa (12/5) melalui webinar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan pengalaman Anton selama puluhan tahun berkarir di merek Jepang tersebut, dia belum pernah menemukan kasus kebakaran di Indonesia yang disebabkan karena masalah di mobil karena pabrikan. Biasanya ada penyebab lain non hasil produksi pabrikan yang menjadi pemicu kebakaran di mobil.
 
Sebagai contoh terdapat Camry yang hampir terbakar di dari dalam kap mesin. Setelah diselidiki ternyata ada hal sepele, yakni adanya kain lap yang tertinggal di dalam kap mesin.
 
"Nah itu kami investigasi ditemukan ini simpel, sepele tapi safety, bekas handuk atau lap cucian mobil itu ditinggal di bagian mesin," kata Anton.
 
"Selama saya ingat kerja di sini, kebakaran di Toyota belum pernah datang dari mobil itu sendiri. Datangnya dari beberapa hal karena ketinggalan barang di bagian mesin atau pemasangan aksesori tambahan yang bersifat elektrikal," tegas Anton.
 
Kasus kebakaran mobil mewah ini menimpa mobil berpelat nomor B 29 ZBA. Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Selatan mengabarkan insiden itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.
 
Mobil itu dikendarai seorang sopir. Dia hendak menjemput bosnya kemudian tiba-tiba kendaraan mengeluarkan asap. Dia meminta tolong, Lalu satu unit light pressure pos Gandaria City dengan lima personel dikerahkan ke lokasi. Api padam sekitar pukul 16.05 WIB.


 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif