Daihatsu masih pertahankan pangsa pasarnya di kisaran 17 persen. Lampost.co
Daihatsu masih pertahankan pangsa pasarnya di kisaran 17 persen. Lampost.co

Industri Otomotif

Penjualan Daihatsu Masih Kuat meski Korona Menghadang

Ekawan Raharja • 13 Maret 2020 10:12

Jakarta: Daihatsu sebagai produsen nomor dua soal urusan penjualan di 2019 berusaha keras untuk mempertahankan posisinya di tahun ini di pangsa pasar 17 persen. Sejauh dua bulan belakangan ini, mereka masih bisa mempertahankan posisinya tersebut, bahkan mengalami peningkatan sedikit.
 
Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, mengatakan dua bulan pertama di tahun 2020, anak usaha Grup Astra tersebut mencatat total penjualan ritel sebanyak 28.240 unit. Angka ini terbilang cukup baik, dan kemungkinan besar masih mempertahankan posisinya di posisi kedua, di bawah Toyota sang kakak.
 
"Daihatsu mencatat pangsa pasar sebesar 17,8 persen dari volume retail nasional yang totalnya 158.898 unit," kata Amelia dalam keterangan pers pada Kamis (12/3).
 
Sebagai penopang utama penjualan masih dipegang oleh Sigra sebagai mobil keluarga tujuh penumpang. Saudara dari Toyota Calya ini tercatat laku sebanyak 8.312 unit dan berkontribusi sebesar 29,4 persen penjualan.
 
Selanjutnya kontribusi ditunjang dari Gran Max pikap, Terios, Xenia, Ayla, Gran Max mini bus, Luxio dan Sirion. Gran Max pick up terjual 5.761 unit (20,4 persen) dan Terios laku 4.346 unit (15,4 persen).
 
Kemudian disusul oleh Xenia 3.404 unit (12,1 persen), Ayla 3.302 unit (11,7 persen) dan Gran Max minibus 2.364 unit (8,4 persen). "Selanjutnya, untuk model Luxio dan Sirion total terjual 751 unit dengan kontribusi penjualan sebesar 2,7 persen," ujarnya.
 
Diakui performa yang cukup baik ini tidak terlepas dari strategi yang dilakukan oleh merek asal Jepang tersebut. Klaimnya, komitmen untuk selalu memperkuat jaringan penjualan dan purna jual agar pelanggan mudah dalam memiliki dan merawat mobil menjadi kunci utama bisnisnya sekarang ini.
 
Upaya ini membuat penjualan wholesales Daihatsu mampu meraih capaian sebesar 29.951 unit dengan pangsa pasar 18,7 persen, dari volume wholesales nasional sebesar 159.997 unit.
 
“Melihat pencapaian penjualan retail Daihatsu dua bulanan yang cukup baik, kami optimis dengan kondisi yang lebih baik kedepannya, dengan tetap mewaspadai perkembangan kondisi ekonomi dan merebaknya wabah covid-19 yang terjadi secara global termasuk di Indonesia,” kata dia.
 
Gabungan Industri kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) memang belum mempublikasikan data penjualan otomotif per Februari 2020. Namun bila melihat rapor Januari 2020, Toyota masih perkasa dengan menguasai 30,8 pangsa pasar. Sedangkan posisi ketiga dan keempat diduduki oleh Honda serta Suzuki dengan torehan 15,6  persen dan 12,5 persen.


 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan