Mesin diesel dengan kode EA 288 EVO sudah menggunakan Twin-Dosing Technology. Motor1
Mesin diesel dengan kode EA 288 EVO sudah menggunakan Twin-Dosing Technology. Motor1

Teknologi Otomotif

Mengenal Arti TDI di Mesin Diesel Volkswagen

Otomotif teknologi otomotif volkswagen
Ekawan Raharja • 09 Februari 2020 11:20
Stuttgart: Volkswagen sudah mempersiapkan mesin diesel baru dengan kode EA 288 EVO sekaligus bersamaan dengan teknologi baru yang diberi nama Twin-Dosing Technology. Mesin diesel ini akan menjadi rangkaian mesin TDI dengan kadar emisi terendah dan diharapkan lolos dari standar emisi gas buang di Eropa.
 
Mungkin sampai sekarang ini masih banyak yang tidak paham arti TDI di mesin-mesin diesel pabrikan asal Jerman ini. Lantas apa artinya?
 
TDI merupakan akronim dari Turbocharged Direct Injection. Nama ini menjelaskan sistem kerja yang dianut oleh mesin tersebut dimulai dari sistem pasok udara dan model injeksi bahan bakar ke ruang bakar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Turbocharged adalah komponen turbin yang digerakkan oleh gas buang dan mengompres udara masuk. Sehingga lebih banyak udara yang dimasukkan ke dalam ruang bakar. Komponen ini membuat lebih banyak bahan bakar yang tercampur, dan menghasilkan lebih banyak daya dalam jumlah tertentu.
 
Kemudian Direct Injection adalah teknologi cara untuk memasukkan bahan bakar ke dalam silinder mobil. Direct injection menggunakan injektor yang lebih canggih dan dioperasikan secara elektronik. Sehingga jumlah bahan bakar dan waktu injeksi bisa dikontrol secara tepat.
 
Selain itu, suntikan bisa dilakukan pada tekanan yang jauh lebih tinggi. Dengan tingkat kontrol yang tinggi, bahan bakar bisa disuntikkan tergantung situasi mengemudi untuk meningkatkan efisiensi dan daya.
 
Nah sudah tahu kan arti TDI. Masih tertarik menggunakan mesin diesel dari pabrikan asal Jerman ini?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif