Diprediksi kondisi pasar akan terus berlangsung di bulan ini, dan bahkan bisa lebih buruk lagi. Lampost.co
Diprediksi kondisi pasar akan terus berlangsung di bulan ini, dan bahkan bisa lebih buruk lagi. Lampost.co

Industri Otomotif

Kondisi Belum Membaik, Begini Prediksi Penjualan Daihatsu

Otomotif penjualan mobil industri otomotif jual beli mobil
Ekawan Raharja • 16 Mei 2020 15:23
Jakarta: Penjualan otomotif di bulan April tahun 2020 menjadi contoh bagaimana kondisi pasar di tengah pandemik virus korona. Diprediksi kondisi pasar akan terus berlangsung di bulan ini, dan bahkan bisa lebih buruk lagi.
 
Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, memberikan prediksi tidak ada perbaikan penjualan di Mei 2020. Bahkan untuk penjualan bisa saja lebih parah dibandingkan April 2020.
 
"Saya rasa penjualan retail Daihatsu pada Mei 2020 akan turun lebih dari 40 persen dari bulan sebelumnya. Untuk wholesales mungkin bisa lebih parah lagi, 0 unit karena selama Mei pabrik tidak beroperasi," ungkap Amelia Kamis (14/5/2020) melalui webinar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan penurunan penjualan ini tidak hanya karena disebabkan pandemik virus corona, tetapi juga dikarenakan masalah pembiayaan kredit kendaraan. Di masa sekarang ini, perusahaan pembiayaan akan lebih ketat dalam menyeleksi pengaju kredit kendaraan.
 
"Semua sangat hati-hati, sehingga cash (atau pembelian secara kontan) naik, mengingat untuk mendapatkan approval kredit kini bukan sesuatu hal mudah," ungkap Amelia Tjandra.
 
Sebelumnya, saudara Toyota di Indonesia itu sudah membuka penjualan caturwulan pertama, sejak Januari–April 2020, retail sales mereka yang mencapai 44.346 unit. Namun catatan khusus diberikan untuk penjualan April 2020 yang hanya mencatatkan transaksi 5.160 unit mobil saja, dan biasanya di tiga bulan pertama penjualan mereka selalu di atas 10 ribu unit.
 
Penjualan merek ini jelas masih berada di bawah sang kakak, Toyota, yang berhasil menjual 75.042 unit per caturwulan pertama 2020. Sedangkan untuk performa di April saja, pemimpin pasar otomotif nasional ini membukukan penjualan retail 8.443 unit.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif