Lexus RZ 450e menggunakan setir berteknologi terbaru OMG. Lexus
Lexus RZ 450e menggunakan setir berteknologi terbaru OMG. Lexus

Teknologi Otomotif

OMG, Setir Lexus Tanpa Sistem Mekanikal

Otomotif teknologi otomotif lexus One Motion Grip
Ekawan Raharja • 09 Mei 2022 10:00
Tokyo: Lexus mengembangkan sistem setir terbaru mereka yang dikhususkan untuk mobil listrik. Uniknya, setir ini tidak menggunakan sistem mekanik alias sudah mengadopsi teknologi steer by wire.
 
Jenama asal Jepang tersebut memberi nama setir mereka ini OMG atau singkatan dari One Motion Grip. Lingkar kemudi ini diberikan untuk mobil listrik terbarunya Lexus RZ 450e.
 
Dari segi desain, setir OMG ini memiliki desain layaknya setir pesawat terbang. Di bagian tengah terdapat logo perusahaan, dan di sisi kiri serta kanannya terdapat berbagai tombol kontrol.
 
Uniknya, setir ini tidak memiliki sistem mekanik penghubung antara lingkar kemudi dengan roda depan. Tetapi sebagai gantinya para insinyur di Jepang membuat teknologi steer by wire alias terkontrol oleh elektronik.
 
Jadi masing-masing roda di bagian depan akan diberikan aktuator elektronis yang dapat membaca pergerakan setir mobil yang dilakukan oleh pengemudi.
 
Chief Engineer Lexus RZ 450e, Takashi Watanabe, menjelaskan mobil listrik memiliki torsi lebih banyak dan biasanya jauh lebih responsif daripada kendaraan pembakaran internal. Hal itu akan dapat dikendalikan dengan baik dengan teknologi steer-by-wire yang ada di palang kemudi OMG. Menurutnya teknologi steer-by-wire akan jadi teknologi terbaik buat mobil listrik dan mobil otonom di masa depan.
 
"Saat pengemudi sudah lebih akrab dengan teknologi itu, maka ini akan jadi batu loncatan untuk kendaraan otonom yang tidak membutuhkan lagi palang kemudi," ujar Takashi.
 
Lexus sendiri berjanji baterai aktuator yang sangat dibutuhkan untuk teknologi steer-by-wire akan tetap mereka berikan gratis. Jadi tidak perlu khawatir jika sistem di mobil menginformasikan kondisi baterai aktuator sudah hampir habis.
 
Dari segi desain, setir OMG ini mengingatkan kepada setir Tesla untuk model S dan X varian Plaid. Desainnya juga menyerupai setir pesawat terbang. Hanya saja, sistem kerja setir tersebut masih menggunakan sistem mekanikal.
 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif