Teknologi Otomotif

Uji Akurasi Berkendara ala Jaguar di Smart Cone

Ahmad Garuda 16 Juli 2018 15:43 WIB
jaguarland rover
Uji Akurasi Berkendara ala Jaguar di <i>Smart Cone</i>
Melalui tantangan di smart cone menjadi hal baru yang memacu seorang pengendara mengenali kondisi ril mobilnya. Jaguar
Jakarta: Menguji agilitas atau kelincahan sebuah mobil caranya cukup banyak. Namun sekaligus kecerdasan pengendaranya di atas sebuah mobil yang sudah pasti memiliki kelincahan, itu adalah hal yang berbeda. Jaguar dengan teknologi smart cone-nya pun memberikan jawaban.

Medcom.id menjadi salah satu media yang cukup beruntung karena diberikan kesempatan khusus untuk melakukan pengujian mobil-mobil terbaik dari pabrikan asal Inggris itu. Kami menjalani tantangan di smart cone untuk menguji seberapa tepat akurasi berkendara yang kami miliki.

Menurut Brand Director Jaguar Land Rover PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), Jentri Izhar sebagai APM Jaguar Land Rover di Indonesia, bahwa berkendara melalui smart cone ini adalah terobosan yang dibuat JLR. Tujuannya tentu untuk mengukur sejauh mana sebuah pengendara mampu mengemudikan kendaraannya dengan akurat.

"Jadi poin penilaiannya sebenarnya ada tiga hal besar. Yaitu seberapa akurasi Anda berkendara melewati cone-cone itu, lalu seberapa besar radius putar mobil yang Anda kendalikan dan ketiga adalah seberapa cepat waktu tempuh untuk jumlah cone yang ditentukan dalam satu sesi. Namun untuk item yang ketiga, tidak akan kami nilai di sini, karena tempatnya memang tak mendukung," klaim Jentri.


Aturan mainnya juga tidak sulit. Di cone-cone tersebut, terdapat lampu-lampu yang akan menyala dengan 2 jenis warna secara acak dan satu warna untuk menyatakan sesi sudah berakhir atau dihentikan. Dua warna pertama adalah hijau dan biru. Hijau adalah gerbang cone yang harus dilalui, sementara jika lampunya menyala biru, maka itu adalah gerbang cone selanjutnya setelah gerbang cone hijau terlalui.

"Di sinilah skill akurasi seorang pengendara dibutuhkan. Mengingat Anda sudah harus melihat cone mana yang menandakan warna biru tanpa mengesampingkan cone berwarna hijau yang akan Anda lalui. Kemudian jalur yang diambil juga harus seefektif mungkin, sehingga poin yang di dapat juga semakin besar. Semakin besar radius putarnya atau semakin panjang jalur yang Ia ambil, maka nilainya semakin kecil. Sementara untuk akurasi posisi mobil di gerbang cone, itu dinilai seberapa akurat posisi logo Jaguar berada di antara kedua cone."

Kebetulan untuk penetapan gerbang cone yang harus kami lalui adalah terdapat 5 cone. Tentunya tes semacam ini akan sangat berguna bagi mereka yang ingin mengenali karakter mobilnya lebih jauh.

Sayangnya teknologi yang sudah dipatenkan oleh Jaguar ini, baru merek itu yang menggunakannya. Tinggal melihat sejauh mana efektifitas mereka mengkampanyekan cara berkendara yang akurat itu.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id