Nissan tunjuk CEO baru. AFP
Nissan tunjuk CEO baru. AFP

Nissan Tunjuk Makoto Uchida Sebagai CEO

Otomotif industri otomotif nissan
Ekawan Raharja • 09 Oktober 2019 19:36
Jepang: Nissan Motor Co kini sudah menunjukan Makoto Uchida sebagai Chief Executive Officer (CEO) baru yang akan menggawangi salah satu merek otomotif terbesar di Jepang. Dia akan melanjutkan tongkat kepemimpinan sebelumnya Hiroto Saikawa yang telah mengundurkan diri pada 9 September 2019.
 
Penunjukan Makoto Uchida tersebut dilakukan Selasa (8/10) di Jepang, mengejutkan karena namanya bukan yang diunggulkan sebagai pucuk pemimpinan Nissan. Sementara itu Jun Seki yang digadang-gadang akan terpilih sebagai CEO kini diangkat menjadi wakil Chief of Operation.
 
Penunjukan ini langsung dilakukan oleh dewan Nissan dan mempertimbangkan Uchida adalah pemimpin yang tepat untuk memajukan bisnis. Sehingga mereka segera menunjuk Makoto Uchida untuk mulai pekerjaanya per 1 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kepemimpinan yang kuat sangat diperlukan. Dengan kepemimpinan bersama di mana mereka akan mendukung satu sama lain membuat pengambilan keputusan lebih transparan," kata Chairman Nissan, Yasushi Kimura, dikutip dari CNBC.
 
Nissan Tunjuk Makoto Uchida Sebagai CEOSelain itu, kepemimpinan Makoto Uchida juga akan dibantu oleh Ashwani Gupta yang ditunjuk menjadi Chief Operating Officer (COO) Nissan. "Berharap Uchida untuk memimpin perusahaan sebagai satu tim, segera fokus pada pemulihan bisnis, dan merevitalisasi perusahaan, Yasushi Kimura.
 
Makoto Uchida juga bukan orang baru di Nissan karena sebelumnya menjabat sebagai Senior Vice President (SVP) Nissan, dan bergabung bersama perusahaan sejak jenjang karier menengah sebelum mencapai top level. Selain itu, pria asal Jepang ini juga menjabat sebagai President of Dongfeng Motor yang memiliki hubungan bisnis dengan merek asal Jepang itu.
 
Pria kelahiran 1966 ini menggantikan Hiroto Saikawa yang mundur setelah ada isu menerima gaji lebih tinggi dari seharusnya. Sebelumnya juga mantan CEO Nissan, Carlos Ghosn, bermasalah karena memanipulasi keuangan pribadi dan menggunakan asset perusahaan untuk kepentingan pribadi.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif