Proving ground ini siap dimanfaatkan dengan baik untuk pengembangan ban berkualitas nasional. MTVN/M Bagus Rachmanto
Proving ground ini siap dimanfaatkan dengan baik untuk pengembangan ban berkualitas nasional. MTVN/M Bagus Rachmanto

Proving Ground

Lokasi Terbesar Uji Ban, Resmi Dibuka di Karawang

Otomotif ban mobil
M. Bagus Rachmanto • 19 Mei 2016 15:42
medcom.id, Karawang: Proving ground penting artinya bagi produsen ban jika ingin memiliki ban berkualitas tinggi. Di fasilitas pengetesan ban ini, akan tercipta produk-produk ban terbaik yang memang disesuaikan dengan kontur jalanan khas Indonesia, kemudian temperatur, hingga kelelembaban udara.
 
Berdasarkan alasan itulah pabrikan ban lokal PT Gajah Tunggal (GT) Tbk, buka proving ground (fasilitas pengetesan ban) di Karawang, Jawa Barat. Fasilitas proving ground bergaya sirkuit ini adalah yang pertama kali dimiliki oleh produsen ban lokal. Karena Bridgestone sudah lebih dulu mempunyai proving ground seperti ini yang letaknya juga berada di Karawang.
Lokasi Terbesar Uji Ban, Resmi Dibuka di Karawang
Proses peresmian dilakukan pada Kamis (19/5/2016) oleh Wakil Presiden Direktur PT GT, Budhi Santoso Tanasaleh dan dihadiri oleh Menteri Perindustrian, Saleh Husin. Ia mengatakan, dengan berdirinya fasilitas pengetesan ban ini diharapkan dapat menghasilkan produk-produk ban unggulan. Sesuai dengan permintaam konsumen baik dalam negeri maupun mancanegara.
 
Proving ground ini berdiri di atas lahan seluas 65 hektar ini, memiliki total lintasan trek sepanjang 9 kilometer, dan diklaim sebagai yang terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembangunan fasilitas pengetesan ban yang dibagi dalam dua tahap ini dilengkapi dengan fasilitas, ISO Noise, Vehicle Dynamic Area, Braking & Handling serta Hydroplanning.
 
Dengan kehadiran fasilitas baru ini, diharapkan akan menambah fasilitas proving ground yang ada di Indonesia, seperti yang di miliki pabrikan ban merek Bridgestone. Yang tentunya ini akan dikembalikan bagi kepentingan konsumen, dengan penggunaan kualitas ban yang baik sesuai standar keselamatam dan keamanan internasional.
 
Selain itu, juga bisa dijadikan sarana untuk ajang balap. Namun untuk ini belum bisa dibilang fix. Mengingat sirkuit untuk ajang balap juga punya standar dan ukuran sendiri-sendiri.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif