Ilustrasi Daihatsu Rocky e:Smart. Creative311
Ilustrasi Daihatsu Rocky e:Smart. Creative311

Mobil Baru

Beda Teknologi e:Smart Hybrid Daihatsu, Rocky & Raize yang Pertama

Otomotif Toyota teknologi otomotif mobil listrik mobil baru daihatsu Toyota Raize Daihatsu Rocky
Ekawan Raharja • 05 Oktober 2021 12:00
Tokyo: Desas-desus mengenai Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan mendapatkan teknologi hybrid dalam waktu dekat ini semakin terang. Bahkan sebuah situs di Jepang, Creative311, sudah mengunggah bahwa kedua SUV mini ini akan mendapatkan teknologi yang diberi nama e:Smart.
 
Kisi-kisi sudah ditebar dan rencananya akan diumumkan pada 1 Oktober 2021. Dari kisi-kisi tersebut sudah menampilkan sejumlah bagian dari Rocky yang akan mengalami facelift tersebut, namun bagian grill masih menjadi rahasia karena masih digelapkan. Salah satu yang cukup perlu diperhatikan adalah adanya emblem di atas fender depan, kemungkinan itu adalah emblem e:Smart.
 
Nah, sistem hybrid yang ditawarkan ini menawarkan sistem hybrid seri seperti teknologi e-Power milik Nissan. Rocky dan Raize akan menjadi mobil pertama yang menggunakan teknologi e:Smart dengan sensasi berkendara 100 persen listrik karena penggeraknya mengandalkan dinamo motor listrik.
 
Beda Teknologi e:Smart Hybrid Daihatsu, Rocky & Raize yang Pertama
 
Di balik kap mesin masih terdapat mesin WA-VE 1.200 cc seperti yang ada sekarang ini. Hanya saja mesin ini akan digunakan sebagai genset untuk menyuplai tenaga ke baterai yang sudah disediakan.
 
Selain itu, ada kemungkinan fitur baru Smart Pedal yang perannya persis seperti e-Pedal punya Nissan. Membuat operasional berkendara makin mudah hanya memakai satu pedal saja, baik untuk akselerasi maupun deselerasi. 
 
Pengereman langsung berfungsi ketika injakan throttle dikurangi. Tersedia dalam beberapa model sebagai pengatur kekuatan deselerasi. Bisa pilih mode Normal atau Eco. Kalau belum terbiasa dengan sistematis pedal semacam ini, bisa saja dimatikan.
 
Trim 1.2L dan 1.2L Hybrid masuk sebagai varian baru New Rocky di Jepang. Jumlah tipe semakin beragam selain line-up 1,0L turbo. Kira-kira kapan akan masuk diperkenalkan di Indonesia?

 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif