Kenali arti angka cetane sebelum mengisi solar. Dok MI
Kenali arti angka cetane sebelum mengisi solar. Dok MI

Pengaruh Cetane Solar untuk Mesin Diesel

Otomotif mesin diesel teknologi otomotif Solar
Ekawan Raharja • 18 September 2019 11:09
Jakarta: Bagi sebagian orang hanya familiar mengenai oktan yang berada di bensin, sedangkan di solar akan mengenal istilah cetane. Keduanya bisa digunakan oleh pengguna kendaraan untuk acuan kualitas sebuah bahan bakar sebelum masuk ke tangki bahan bakar kendaraan kesayangan. Namun untuk di kesempatan kali ini akan lebih membahas mengenai pengaruh cetane untuk mesin diesel.
 
Angka cetane adalah angka dari 0 sampai 100 yang menunjukkan kualitas pembakaran relatif solar. Angka ini merupakan salah satu dari sejumlah faktor terukur yang menunjukkan karakteristik keseluruhan dan kualitas solar. Jika semisal bahan bakar diesel terdiri dari cetane murni, maka bahan bakar ini akan memiliki angka 100 yang berarti sangat mudah terbakar.
 
Umumnya, semakin tinggi angka cetane maka semakin tinggi kualitas bahan bakar solar. Bahan bakar diesel mengandung ratusan hidrokarbon yang berbeda, sedangkan cetane hanya mengandung satu. Bahan bakar harus menyala saat dikompresi dalam silinder dan karena paling mudah menyala di dalam ruang pembakaran mesin diesel, cetane dipilih sebagai standar untuk menggambarkan kemudahan pembakaran relatif bahan bakar diesel, dikutip dari Auto2000.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Angka cetane dari setiap bahan bakar diesel sebenarnya merupakan rata-rata semua angka cetane dari berbagai hidrokarbon yang ditemukan dalam bahan bakar itu. Sifat mudah terbakar solar akan mempengaruhi kinerja mesin diesel. Bahan bakar dengan angka cetane rendah dapat menyebabkan mesin diesel berjalan lamban dan memiliki emisi yang lebih tinggi akibat pembakaran yang tidak efisien. Angka cetane rendah juga membuat mesin sulit dinyalakan.
 
Sedangkan bahan bakar dengan angka cetane tinggi menyala lebih cepat serta melakukan proses pembakaran yang lebih efisien, yang pada gilirannya akan meningkatkan tenaga mesin. Lazimnya, mesin diesel akan mencapai pembakaran efisien saat menggunakan bahan bakar dengan angka cetane sekitar 55.
 
Angka cetane yang lebih tinggi umumnya tidak memberikan tenaga lebih, efisiensi bahan bakar lebih, atau pengurangan emisi, meskipun di beberapa mesin diesel berkinerja tinggi angka cetane yang direkomendasikan dapat mencapai 60. Di seluruh dunia, banyak negara telah menetapkan standar angka cetane minimum untuk bahan bakar diesel yang berkisar antara 40-51. Untuk menentukan angka cetane, bahan bakar diuji menggunakan mesin diesel kompresi variabel yang dirancang khusus.
 
Di Indonesia, ada Dexlite yang memiliki cetane number minimal 51 dengan kandungan sulfur minimal 1.200 part per million (ppm). Secara kualitas, Dexlite lebih bagus dari Bio Solar yang menjadi varian terendah solar Pertamina yang punya cetane number 48 dengan kandungan sulfur 3.500 ppm. Kendati demikian, Dexlite kualitasnya masih di bawah Pertamina Dex yang punya cetane number 53 dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif