Toyota Raize merupakan kembaran dari Daihatsu Rocky. Medcom.id
Toyota Raize merupakan kembaran dari Daihatsu Rocky. Medcom.id

Selain Avanza-Xenia, Toyota-Daihatsu Punya Produk Kembar Baru

Otomotif toyota mobil baru daihatsu autogear
Ekawan Raharja • 08 November 2019 07:55
Jepang: Toyota diketahui memiliki 100 persen saham Daihatsu, sehingga tidak sedikit mobil-mobil dari Daihatsu yang kemudian juga dipasarkan oleh Toyota dengan styling dan nama yang berbeda. Kalau di Indonesia mobil kembar Toyota-Daihatsu sudah kita kenal seperti Avanza-Xenia, Rush-Terios, Calya-Sigra, dan ternyata di Jepang ada mobil kembar baru yakni Raize-Rocky.
 
Keduanya merupakan compact sport utility vehicle (SUV) dengan menggunakan sasis monokok Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Keduanya memiliki body yang sama dengan dimensi yang juga sama, dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.620 mm, dan wheelbase 2.525 mm. Bila melihat, ukuran ini lebih ringkas jika dibandingkan Rush-Terios namun lebih besar dari Suzuki Ignis yang menjadi compact crossover yang ada di Indonesia.
 
Jantung pacunya juga sama dengan mengandalkan mesin mesin bensin 1.000 cc 3-silinder turbo yang tenaganya setara dengan mesin 1.500 cc konvensional. Mesin 12 katup ini mampu mengalirkan tenaga 98 daya kuda @ 6.000 rpm dan torsi 140,2 Nm @ 2.400-4.000 rpm ke roda depan melalui transmisi CVT. Daihatsu mengklaim, bahwa Rocky dan Raize dapat menempuh jarak 18.6 kilometer cukup dengan 1 liter bensin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain Avanza-Xenia, Toyota-Daihatsu Punya Produk Kembar Baru
 
Pun begitu dengan tata letak interior dengan desain yang sama. Dari tata letak dasbor dengan sistem infotainment floating head unit 8 inci yang ditempatkan di atas konsol tengah dan diposisikan secara horizontal. Kemudian jok menggunakan bahan fabrik berwarna hitam, hanya saja Raize memiliki langit-langit berwarna hitam dan Rocky berwarna putih.
 
Kembali mengamati secara detail eksterior, Raize dan Rocky memiliki styling yang berbeda. Mengingat hal ini lazim juga dilakukan di beberapa mobil kembar lainnya, dan bisa menjadi pilihan bagi konsumen disesuaikan dengan seleranya masing-masing.
 
Raize hadir dengan gril yang lebih sporty grill trapesium besar bergaya khas Toyota yang terdiri dari sisipan mesh. Desain front-end mengingatkan pada Toyota RAV4 atau Toyota Yaris.
 
Selain Avanza-Xenia, Toyota-Daihatsu Punya Produk Kembar Baru
 
Adapun Rocky, tak ada gril langsung dengan adanya aliran udara berdesain rumah lebah. Pada DRL Rocky, memiliki desain tegak atau vertikal seperti Datsun Go. Adapun Raize memiliki desain horizontal dengan posisi lampu fog ada disampingnya. Perbedaan lainnya, logo merek yang berbeda diletakkan di setir.
 
Daihatsu menyebut Rocky memiliki harga terjangkau untuk ukuran mobil kompak. Di Jepang, Daihatsu dijual dengan harga JPY 1.705.000 (Rp219 jutaan) sampai JPY 2.422.200 (Rp312 jutaan). Sedangkan Raize memiliki rentang harga yang lebih luas, karena dibanderol mulai dari JPY 1.6790.000 (sekitar Rp217 juta) hingga JPY 2.282.200 (sekitar Rp294,7 juta).
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif