Beli mobil plug-in hybrid EV dan mobil listrik murni, dibutuhkan komitmen besar. medcom.id/Ahmad Garuda
Beli mobil plug-in hybrid EV dan mobil listrik murni, dibutuhkan komitmen besar. medcom.id/Ahmad Garuda

GIIAS 2019

Beli Mobil Hybrid dan Listrik, Bukan Hanya Soal Punya Duit!

Otomotif mitsubishi giias GIIAS 2019
Ahmad Garuda • 26 Juli 2019 17:57
BSD City: Beli mobil listrk atau mobil hybrid yang saat ini mulai banyak diluncurkan untuk pasar otomotif Indonesia, bukan perkara Anda punya kemampuan untuk membelinya saja. Lebih dari itu, jangka panjangnya Anda juga harus punya komitmen besar.
 
Head of Technical Service dan CS Support Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Boediarto dalam sesi khusus bersama jurnalis, menegaskan hal tersebut. Bahwa membeli mobil listrik atau plug-in hybrid itu bukan hanya soal Anda bisa membeli mobilnya.
 
"Tapi semuanya akan terkait dan di sinilah jalinan antar industri otomotif dengan konsumennya terjalin kuat. Misalnya, soal instalasi unit pengisian baterai di rumah. Lalu cara memperlakukan mobil listrik, perawatannya seperti apa dan lain-lain," ujar Boediarto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, kata Boediarto, bahwa perilaku teknisi dan tenaga penjual, juga akan menyesuaikan. Jika menjual mobil hanya menerangkan soal tenaganya, mesinnya, fitur-fiturnya, tapi tidak demikian dengan mobil listrik dan hybrid. Tim teknis sales mereka juga harus melakukan pengecekan langsung di rumah yang akan membeli mobil listrk.
 
"Kami berikan contoh mudahnya, mobil listrik atau hybrid kami Outlander PHEV, butuh tenaga besar sampai 3.600 watt untuk melakukan pengisian baterai. Jika di rumah kapasitasnya kurang dari itu atau lebih dari itu tapi masih terpotong dengan peranti listrk lainnya, ya percuma. Kalau boleh kami bilang, sebaiknya di rumah punya kapasitas listrik yang memang lebih besar."
 
Ia melanjutkan bahwa penggunaan listrk di rumah oleh anggota keluarga juga akan sangat berpengaruh. Sehingga jalur pengisian baterai untuk mobil listrik ini memang harus dipisahkan sendiri.
 
Namun jelas, sampai di sini, Anda harus mulai berpikir bahwa membeli mobil listrk itu mungkin tidak semudah membeli mobil dengan mesin pembakaran internal saja. Dibutuhkan keseriusan tinggi, komitmen hingga hal-hal unik lainnya yang tidak biasa dilakukan ketika hanya membeli mobil dengan mesin ICE.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif