Reset power window dengan menekan tombol auto selama kurang lebih lima detik. Youtube
Reset power window dengan menekan tombol auto selama kurang lebih lima detik. Youtube

Trik Jitu Reset Auto Power Window Mobil yang Ngadat

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 12 September 2019 12:55
Trik Jitu Reset Auto Power Window Mobil yang Ngadat
 
Jakarta: Mobil keluaran terbaru umumnya telah dilengkapi dengan fitur otomatis power window, dan terkadang terjadi kendala terhadap fitur auto, yaitu fungsi otomatis menutup atau membuka jendela dengan sekali sentuhan tidak berkerja.
 
Kejadian ini dapat terjadi pada semua mobil yang telah memiliki fitur otomatis. Ingat-ingat! Mungkin sebelumnya Anda melepas kabel aki. Itu akan mengakibatkan putusnya sistem auto tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masalah fitur otomatis power window tidak berfungsi biasanya terjadi ketika sehabis membongkar pasang kabel aki, atau pemasangan kabel listrik yang tidak benar," papar Alimin mekanik yang praktek di bengkel spesialis power window di bilangan, Kalimalang, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.Trik Jitu Reset Auto Power Window Mobil yang Ngadat
Jangan bingung. Ternyata, cara mengembalikan fungsinya cukup mudah. Yaitu dengan cara mereset seperti berikut ini:
 
1. Hidupkan mesin/kontak mesin hingga power window dapat hidup/bekerja.
2. Turunkan kaca sampai penuh/habis kebawah.
3. Naikan kaca sampai rapat/mentok kemudian tahan tombol auto selama kurang lebih lima detik.
4. Proses reset ulang fitur power window auto mobil telah selesai.
5. Lakukan pengetesan dengan membuka dan menutup kaca. Bila belum berhasil ulangi cara di atas dengan menambah durasi penekanan tombol sambai berhasil ke-reset. Setelah itu fungsi auto akan kembali seperti semua. Silakan mencoba!
 
Dan perlu diingat, cara pengoperasian yang tidak tepat, dan perawatan yang kerap diabaikan bisa menjadi penyebab power window cepat rusak atau macet. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat dan menjaga power window agar tetap bekerja sebagaimana mestinya.
 
Pastikan untuk mengecek/periksa kaca jendela mobil minimal setiap enam bulan sekali. Hal ini untuk memastikan naik turunya kaca tidak tersendat. Jika tersendat akan berefek kaca mobil menjadi miring, sehingga tidak menutup secara sempurna. Apabila Anda sering melewati jalanan yang sangat berdebu, sebaiknya perawatan dilakukan lebih sering.

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif