New Daihatsu Tanto sudah menerapkan teknologi Smart Assist terbaru. Daihatsu
New Daihatsu Tanto sudah menerapkan teknologi Smart Assist terbaru. Daihatsu

GIIAS 2019

Daihatsu Edukasi Smart Assist Terbaru di GIIAS 2019

Otomotif daihatsu giias GIIAS 2019
Ekawan Raharja • 27 Juli 2019 15:50
BSD City: Daihatsu disela-sela pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 menghadirkan mobil konsep Hy-Fun dan New Tanto. Salah satu tujuan menghadirkan mobil ini sebagai bentuk edukasi mengenai teknologi Smart Assist terbaru milik pabrikan asal Jepang tersebut.
 
Teknologi keselamatan terkini bernama Smart Assist yang saat ini telah diimplementasi di lebih dari 2 juta mobil di Jepang dan Malaysia. Generasi terbaru New Smart Assist ini memiliki sistem keamanan dan keselamatan yang lebih lengkap, dikutip dari keterangan resminya.
 
Teknologi canggih ini terdapat fitur yang mampu mencegah benturan dengan mengaktifkan pengereman darurat secara otomatis ketika mendeteksi kendaraan lain atau pejalan kaki di depannya sehingga dapat membantu pengendara menghindari atau meminimalisir efek benturan. Sistem pengereman secara otomatis juga aktif ketika ada objek di depan atau belakang yang disebabkan kesalahan dalam menginjak pedal rem dengan gas. Sistem ini akan aktif baik saat kendaraan melaju ke depan atau pun saat mundur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Daihatsu Edukasi Smart Assist Terbaru di GIIAS 2019
 
Smart Assist terbaru ini juga dapat mendeteksi dan memberitahu pengemudi saat kendaraan di depan mulai jalan ketika ada antrian lampu lalu lintas, sehingga pengguna dapat kembali berkendara, dan juga mampu mendeteksi rambu lalu lintas 'dilarang masuk' yang biasa terdapat pada jalur satu arah, sehingga pengemudi dapat berkendara lebih tenang dan aman.
 
Pada perjalanan rute jauh atau waktu yang lama, biasanya pengendara sedikit mulai kehilangan fokus dan tiba-tiba berpindah jalur. Dengan teknologi lane keeping control system terbaru ini, membuat pengemudi dapat lebih terjaga dan terbantu karena selain sistem yang dapat memberi peringatan akibat perpindahan jalur tiba–tiba yang tidak disengaja, juga membantu mengembalikan stir kemudi kembali ke posisi semula secara otomatis.
 
Untuk lampu penerangan, teknologi ini juga dibekali dengan adaptive high-beam, cocok bagi pengendara yang sering berkendara di malam hari menuju area gelap yang membutuhkan lampu penerangan yang lebih tanpa takut membuat silau pengendara lain dari arah berlawanan.
 
Terkait visibilitas, teknologi ini juga dibekali dengan 4 sensor kamera yang memberikan monitor panorama lebih luas di segala arah pada layar. Fitur ini sangat berguna ketika pengemudi berada di persimpangan dan ingin menyeberang namun tidak dapat melihat karena terhalang objek baik pada bagian depan dan belakang, sisi kanan dan kiri, maupun tampilan atas kendaraan (helicopter view), serta dilengkapi parking assist yang dapat membantu parkir pengemudi secara otomatis.
 
Teknologi yang ditawarkan oleh Daihatsu ini bukan barang baru, dan sudah diaplikasikan di beberapa mobil yang dipasarkan di Indonesia. Semisal Mazda sudah menerapkan fitur City Brake dan keep Lane Assist untuk Mazda6 atau CX-9. Sedangkan Daihatsu masih belum menerapkan teknologi tersebut di tanah air hingga sekarang ini.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif