New John Cooper Works kini mengaspal di Indonesia. Medcom.id/Ekawan Raharja
New John Cooper Works kini mengaspal di Indonesia. Medcom.id/Ekawan Raharja

Mobil Baru

MINI John Cooper Works, Tenaga Sentuh 306 DK

Otomotif mobil baru mini
Ekawan Raharja • 14 Februari 2020 18:06
Jakarta: MINI Indonesia akhirnya menawarkan edisi John Cooper Works (JCW) untuk model Clubman dan Countryman kepada konsumen di tanah air. Model ini merupakan model paling kencang dan kuat, dengan lontaran tenaga tak kurang dari 306 daya kuda.
 
Dua kendaraan ini hadir dengan mesin paling kuat dalam sejarah dengan performa dioptimalkan, sehingga kedua model ini merupakan kendaraan MINI paling cepat yang diperbolehkan secara legal di jalan raya. New JCW Clubman dan New JCW Countryman mendapatkan sentuhan untuk memaksimalkan performanya dengan menyuntikan DNA balap yang dimiliki oleh merek asal Inggris tersebut.
 
MINI John Cooper Works, Tenaga Sentuh 306 DK

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Rangkaian kendaraan New John Cooper Works dengan 306 daya kuda hadir untuk penuhi kebutuhan para fans akan sebuah kendaraan sports kompak yang sesuai untuk lintasan balap, juga tetap dapat mengakomodasi aktivitas harian,” ujar President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan, Jumat (14/2/2020) di Kawasan Senayan Jakarta.
 
Semua varian JCW menggunakan mesin 4-Cylinder MINI TwinPower Turbo 1.998 cc dengan lontaran tenaga 306 daya kuda dengan tendangan torsi 450 Nm, berpadu transmisi 8-percepatan Steptronic Sports Automatic Transmission. Hasilnya, akselerasi 0-100 kilometer per jam JCW Countryman tembus di 5,1 detik dan JCW Clubman sentuh 4,9 detik.
 
MINI John Cooper Works, Tenaga Sentuh 306 DK
 
Rahasia di balik kuatnya sengatan mesin ini adalah turbocharger yang lebih besar, dengan pengurangan rasio kompresi dari 10,2 menjadi 9,5 untuk menyamai peningkatan tekanan pengisian sistem. Selain itu, turbocharger yang terintegrasi dalam exhaust manifold dilengkapi dengan katup pembuangan yang berkontribusi terhadap karakteristik responnya yang dioptimalkan.
 
Saluran air intake juga telah disempurnakan. Vaporisasi halus memungkinkan penggunaan bahan bakar yang akurat, menghasilkan pembakaran bersih dan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar.
 
MINI John Cooper Works, Tenaga Sentuh 306 DK
 
Kemudian sistem penggerak semua-roda (ALL4) sebagai standar memainkan peran sentral dalam mengoptimalkan traksi, kelincahan, dan stabilitas berkendara dari kedua model kendaraan sport ini. Pengontrol cerdas sistem ALL4 saling berhubungan dengan DSC Dynamic Stability Control dan menghitung rasio distribusi daya ideal antara roda depan dan belakang secara berkesinambungan.
 
Dalam kondisi berkendara normal dengan DSC diaktifkan, sistem ALL4 menghantarkan torsi penggerak ke roda depan. Ini memungkinkan tenaga mesin diubah menjadi dorongan penggerak maju dengan efisiensi maksimum.
 
MINI John Cooper Works, Tenaga Sentuh 306 DK
 
Peningkatan tenaga, ini juga diimbangi dengan teknologi sasis yang telah tingkatkan ke level lebih tinggi. Swivel bearings terbaru memungkinkan peningkatan nilai camber di roda depan. Terlebih lagi, sistem suspensi dan redaman yang disetel ulang, DSC, dan kemudi elektromekanik dengan sempurna merangkum karakter gesit dari model sports ini.
 
Struktur bodi dan pengikat sasis dengan kekakuan yang dioptimalkan. Jarak sumbu roda panjang, lebar track besar, dan pusat gravitasi rendah yang ditampilkan oleh kedua model sport ini. Selain itu, penguatan untuk struktur body dan koneksi sasis yang sangat kencang memastikan pengalaman berkendara sporty yang luar biasa.
 
MINI sudah memasarkan kedua model ini dengan harga Rp1,130 miliar untuk JCW Clubman dan Rp1,170 miliar untuk JCW Countryman (off the road). Anda tertarik memilikinya?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif