Jakarta: Kendaraan bermotor esensinya adalah sarana mobilitas masyarakat. Namun di era modern ini, kendaraan bermotor (khususnya transportasi umum) kemudian berevolusi menjadi media iklan berjalan yang potensial. CEO Otomedia, Ira Novita, menjelaskan kendaraan umum menjadi salah satu media yang banyak diminati oleh para pengiklan.
Dia menjelaskan pengguna transportasi umum di DKI Jakarta saja mencapai 5,7 juta orang per hari. "Pemasangan iklan pada kendaraan umum atau yang biasa disebut dengan transportation advertising merupakan salah satu primadona OOH (out of home) advertising saat ini karena berbagai macam kelebihan yang ditawarkan,” ujar Ira melalui keterangan resminya.
Manfaat Transportasi Umum Sebagai Media Beriklan
Transportation Advertising merupakan cara untuk meletakkan iklan di transportasi umum seperti kereta api dan bus dengan tujuan untuk memperkenalkan produk atau jasa, yang tidak hanya dilihat oleh penumpang kendaraan umum tersebut saja, tetapi juga mampu menjangkau para pengguna jalan lainnya yang berpapasan dengan kendaraan umum tersebut.
Ira kemudian menjelaskan ada sejumlah keuntungan memilih transportasi umum sebagai media beriklan:
1. Menjangkau Berbagai Audiens
Dengan metode iklan ini, pengiklan dapat memperluas jangkauannya. Hal ini disebabkan karena setiap harinya transportasi publik beroperasi dari pagi hingga malam, dengan membawa penumpang dari demografi dan profesi yang berbeda-beda sehingga sangat cocok dilakukan untuk merek yang ingin mendapatkan exposure luas dan ingin menyasar semua kalangan.
Baca Juga: Tampil di IMOS+ 2023, Booth AHM Memukau Pengunjung |
2. Tidak Mudah Dilewatkan
Manfaat beriklan di transportasi umum memberikan jaminan bahwa iklan merek tersebut tidak akan di lewati begitu saja, seperti beriklan di digital platform karena sifat dari paparan iklan yang lama, sehingga iklan pasti akan dilihat dan diperhatikan oleh khalayak luas.
3. Biaya Lebih Terjangkau
Iklan dengan transportasi umum relatif lebih hemat biaya jika dibandingkan pemasangan iklan pada media lainnya seperti televisi, radio, billboard, dan media cetak. pengiklan dapat menjangkau audiens yang lebih luas dengan biaya lebih murah.
“Beriklan di transportasi dapat menjadi solusi bagi brand yang ingin mendapatkan exposure secara optimal. Transportasi umum memiliki tingkat pergerakan yang tinggi, sehingga iklan dari brand akan dibawa ke berbagai penjuru kota bahkan bisa hingga luar daerah," tutup Ira.
Cek Berita dan Artikel yang lain di