Balap reli Asia Pasific Rally Championship (APRC) kembali ke Indonesia setelah 10 tahun absen. FIAAPRC
Balap reli Asia Pasific Rally Championship (APRC) kembali ke Indonesia setelah 10 tahun absen. FIAAPRC

10 Tahun Absen Gelar Reli Dunia, APRC Kembali ke Indonesia Pekan Ini

Otomotif rally reli dakar balap mobil
Ahmad Garuda • 15 Mei 2019 07:34
Jakarta: Penyelenggaraan balap dunia seperti reli atau rally, tahun ini bakal kembali diselenggarakan di Indonesia setelah 10 tahun absen gelar balap 'garuk tanah' itu. Kejuaraan reli bertema Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2019, siap digelar di Medan pada Sabtu dan Minggu (27 dan 28 Juli) mendatang.
 
Ketua Komisi Reli Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Rifat Sungkar, membeberkan detail mengenai kejuaraan yang akhirnya kembali ke Indonesia setelah 10 tahun sempat absen. “Kejuaraan APRC akan sangat seru dengan menempuh sebanyak 10 special stages (SS) yang totalnya berjarak 169 km.”
 
Rifat menjelaskan jika service area berada di tengah perkebunan sehingga akan sangat memudahkan perpindahaan kendaraan dari service area menuju lokasi SS. Di hari pertama, para pereli akan melewati sebanyak 6 SS, baru kemudian 4 SS terakhir akan dilalui di hari kedua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


10 Tahun Absen Gelar Reli Dunia, APRC Kembali ke Indonesia Pekan Ini
 
“Komisi reli sangat senang karena usaha dan jerih payah untuk kembali menghadirkan APRC di Indonesia bisa terbayar lunas. Setelah 10 tahun, FIA memberikan kompensasi dari yang standarnya harus menempuh total 200 km, namun kita boleh 169 km karena ini merupakan kali pertama setelah 10 tahun lamanya Indonesia menggelar APRC,” pungkas Rifat.
 
Beberapa tahun silam, ketika ajang balap tersebut masih aktif digelar di Indonesia, Subhan Aksa dan Rifat sendiri sempat menjajal ajang balap tersebut. Bahkan keduanya beberapa kali bisa tampil kompetitif dan mengharumkan nama bangsa di kejuaraan ini.
 
Sayangnya, ajang balap reli dunia malah redup di Indonesia dan hanya kejuaraan lokal saja yang masih terus berlangsung. Itu pun jatah penyelenggaraan balapnya semakin tahun kian sedikit. Tentu, kembalinya APRC ke Indonesia ini, jadi momen untuk membangkitkan kembali balap tersebut di level nasional. Paling tidak, merajut kembali regenerasi pereli nasional untuk melangkah ke ajang dunia.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif