Marketplace otomotif nasional, kian berkembang pesat di 2018. medcom.id/Ahmad Garuda
Marketplace otomotif nasional, kian berkembang pesat di 2018. medcom.id/Ahmad Garuda

Persaingan Marketplace Otomotif Makin Ketat di 2018

Otomotif mobil baru mobil bekas kaleidoskop otomotif
Ahmad Garuda • 14 Desember 2018 06:39
Jakarta: Beralihnya model dan cara orang berbelanja melalui marketplace digital, membuat perubahan besar di 2018. Beberapa perusahaan marketplace otomotif besar seperti Carmudi, iCar Asia, Oto hingga situs iklan jual beli baris seperti OLX, semakin menancapkan kukunya.

Pengembangan fitur untuk memudahkan konsumen hingga fitur untuk membuat konsumen tinggal duduk diam di rumah sampai mobil di antar ke rumah hanya dengan sentuhan jari, pun sudah bisa dilakukan. Bahkan untuk pembelian mobil bekas pun, kini dilakukan semudah membeli mobil baru.

"Banyak hal yang coba disederhanakan dalam proses pembelian mobil saat ini, terlebih itu dilakukan melalui aplikasi. Mulai dari dihilangkannya proses tawar-menawar paket pembelian, program dan sebagainya, lalu harga ril yang akan dibayar nantinya, hingga simulasi cicilan. Ini akan sangat membantu mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk membeli mobil di dealer," klaim CEO Bidbox, Michael yang menyuarakan program khususnya di pameran otomotif GIIAS pertengahan 2018 lalu.

Fitur lain yang turut mempermudah seseorang yang ingin membeli mobil namun masih bingung untuk biaya simulasi cicilan, termasuk paket aksesoris dan pembelian yang Ia dapatkan, disediakan fitur online chat. Biasanya proses chatting ini akan dilayani oleh tenaga ahli penjual. Sehingga apa yang ingin diketahui oleh konsumen, benar-benar terjawab tuntas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Paling terbaru adalah fitur inspeksi kendaraan yang dihadirkan untuk memberikan gambaran ril terhadap pembeli kendaraan sebelum meminang kendaraan tersebut. Fitur ini biasanya disajikan untuk mereka yang ingin membeli kendaraan (mobil atau motor) bekas.

"Asumsinya seperti ini, dari pada Anda datang sendiri memeriksa unit mobil tersebut dan tidak punya waktu untuk melakukan hal tersebut, ada baiknya memanfaatkan fitur inspeksi kendaraan ini. Jadi kalau kami, bekerja sama dengan perusahaan inspeksi kendaraan independen dan memang punya tenaga ahli untuk melakukan itu Setelah itu, mereka akan memberikan gambaran ril tentang kondisi mobil. Mereka akan memeriksa 150 item yang terdapat di mobil sebelum mengeluarkan data ril hasil inspeksi kendaraan," ujar Director of CTx OLX, Agung Iskandar. Namun para pelaku marketplace otomotif ini, memang tak bisa meninggalkan kebiasaan yang konvensional secara utuh. Paling tidak, dengan adanya transaksi jual-beli secara online ini, sudah mampu memangkas proses yang biasanya cukup lama. Lalu akankan pola pembelian kendaraan di 2019 nanti akan berubah lagi? kita lihat saja.


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi