Etape keenam Dakar Rally 2019 menyuguhkan lintasan bukit berpasir. Dakar
Etape keenam Dakar Rally 2019 menyuguhkan lintasan bukit berpasir. Dakar

Loeb Menangi Duel Klasik dengan Al-Attiyah di Etape-6

Otomotif toyota peugeot balap mobil mini dakar rally
M. Bagus Rachmanto • 14 Januari 2019 07:32
Peru: Setelah istirahat sehari, para pereli dunia kembali melanjutkan perlombaan etape keenam Dakar Rally 2019. Di mulai dari Yauca ke kota kecil San Juan de Marcona, para peserta dijamu dengan lintasan yang menyenangkan.
 
Sayangnya lintasan menyenangkan tersebut hanya bisa mereka nikmati tak lebih dari 100 km. Kemudian para petarung ini diharuskan menyusuri jalan Panamericana di pantai Pasifik, untuk menghadapi tantangan yang sama sekali berbeda dari etape sebelumnya.
 
Etape spesial yang tersaji di lintasan ini pun sepeda motor sepanjang 267 km dan mobil 443 km. Kali ini melintasi ganasnya bukit pasir Tanaka yang menakutkan. Bahkan lintasan berbukit ini dianggap yang terberat dalam sejarah reli dakar, dan disebut lebih mengerikan dibanding Dakar Rally 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah melewati ganasnya lintasan berbukit, para pembalap kembali disuguhkan lintasan yang tidak sulit dari Acari dengan jalan memutar di pantai Puerto de Lomas, sekaligus memberi penyegaran sebelum masuk ke lintasan off-road yang panjang.
 
Loeb Menangi Duel Klasik dengan Al-Attiyah di Etape-6
Persaingan terakhir terjadi di Duna Grande dan Duna Argentina, meski tidak sesulit lintasan bukit pasir Tanaka, tapi para pembalap masih harus berjuang dan bersaing sengit dengan kondisi yang sudah sangat lelah. Fokus di balik kemudi dan di lintasan jadi kunci utama untuk mencapai garis finish.
 
Sebastien Loeb salah satu pembalap akhirnya bisa tersenyum ketika berhasil menaklukan etape ini dengan finish pertama, dibayangi Nasser Al-Attiyah yang finis kedua dengan selisih waktu 2 menit 17 detik. Sementara Stephane Peterhansel harus kehilangan waktu dan finish di urutan keenam.
 
"Kesalahan bodoh yang saya lakukan sampai harus kehilangan waktu. Saya melihat Nani terjebak lima kilometer dari finish. Dia tidak memberi tanda untuk minta bantuan, tapi karena Dia membantu saya keluar dari pasir dua hari lalu, saya merasa terpanggil dan bergegas membantunya. Akibatnya, saya berakhir di gundukan pasir dan kehilangan dua puluh menit. Itu adalah kesalahan besar. Kemenangan pergi setelah terlalu banyak kesalahan," kata Peterhansel seperti dikutip Dakar.com.
 
Hasil etape 6 Dakar Rally 2019:
1. Sebastien Loeb, PH-Sport, 3 jam 39 menit 21 detik,
2. Nasser Al-Attiyah, Toyota Gazoo Racing SA, +2 menit 17 detik
3. Carlos Sainz, X-Raid Mini JCW Team, +6 menit 56 detik
4. Cyril Despres, X-Raid Mini JCW Team, +13 menit 5 detik
5. Nani Roma, X-Raid Team, +13 menit 8 detik
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif