Adiputro menjalin kerja sama dengan PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN) untuk penggunaan IoT. Adiputro
Adiputro menjalin kerja sama dengan PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN) untuk penggunaan IoT. Adiputro

Teknologi Otomotif

Bus Produksi Adiputro bakal Dilengkapi dengan IoT

Ekawan Raharja • 08 Agustus 2022 14:00
Jakarta: Karoseri bus Adiputro melakukan inovasi untuk bus-bus produksinya dengan menyematkan teknologi Internet of Thing (IoT). Teknologi ini maka akan meningkatkan keamanan dan keselamatan perjalanan para pengmudi serta penumpang.
 
Presiden Direktur TKDN, David Santoso, menyebutkan akses kepada teknologi ini didapatkan setelah menandatangi kerja sama dengan PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN). Isi perjanjian tersebut terkait kerja sama penggunaan perangkat IoT yang diberi nama TKDN Advance Mobility atau TAM Fleet di unit-unit bus yang diproduksi oleh karoseri asal Malang Jawa Timur tersebut.
 
"Kerja sama kali ini ditargetkan sebanyak 100 unit hardware IoT TAM Fleet yang akan dipasang ke dalam armada bus Adiputro termasuk di dalamnya 30 unit bus untuk Akap PO Bintang Timur. Kedepannya kami harap akan lebih banyak lagi serta dengan sistem teknologi terkini lainnya untuk mengusung angkutan berkeselamatan", ujar Presiden Direktur TKDN, David Santoso, melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Teknologi IoT yang digunakan mencakup Driver Safety Monitoring (DSM) yang dapat memberikan driver behavior analysis untuk memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi seperti menggunakan ponsel selama menyetir, merokok atau mengantuk. Kemudian terdapat fitur Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang bisa memberikan peringatan awal jika armada kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan, ataupun jika terjadi potensi tabrakan depan.
 
Tidak sampai di situ saja, Iot yang digunakan juga mencakup MDVR, CCTV, Rearcam, dan Blackbox yang berfungsi merekam sejumlah data perjalanan. Inovasi ini diberikan agar dapat meningkatkan angka keselamatan dan menekan angka kecelakaan para konsumen mereka yang menggunakan bus-bus produksi salah satu karoseri terbesar di Indonesia.
 
"Kami akan terus berkomitmen untuk mendorong peningkatan kualitas perusahaan, salah satunya dengan membawakan teknologi terkini setiap unit bus yang diproduksi langsung oleh Adiputro," ungkap Direktur Adiputro, David Jethrokusumo.
 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif