Hino600 menggunakan teknologi Racing Hybrid System. Hino
Hino600 menggunakan teknologi Racing Hybrid System. Hino

Kendaraan Listrik

Hino "Siksa" Truk Hybrid Di Dakar Rally 2022

Ekawan Raharja • 19 Januari 2022 10:00
Jakarta: Hino kembali mengikuti Dakar Rally 2022 seperti di tahun-tahun sebelumnya dan turun di kelas truk. Uniknya di tahun ini, mereka menggunakan truk berteknologi hybrid dan "menyiksanya" di tengah gurun yang ganas.
 
Tim Hino Sugawara yang diawaki oleh Pembalap Teruhito Sugawara, Navigator Hirokazu Somemiya, dan Yuji Mochizuki naik panggung dengan truk Dakar rally Seri Hino600. Mereka berhak naik ke atas panggung karena mereka bisa merampungkan balapan yang terdiri atas 12 stage.
 
Meski tidak tampil sebagai juara di tahun ini, mereka menjadi tim pertama di Dakar Rally yang menggunakan truk hybrid. Ini menjadi sebuah indikasi bahwa pabrikan asal Jepang tersebut melakukan pengujian terhadap teknologinya tersebut di kondisi yang sangat ekstrim.
 
“Perlombaan ini terkenal sebagai reli paling melelahkan di dunia dan dalam beberapa tahun hanya 20,5 persen dari peserta yang berhasil mencapai garis finish. Sementara Tim Hino telah menyelesaikan reli secara berurutan sejak pertama kali ambil bagian di tahun 1991,” ungkap Teruhito Sugawara.
 

Berkat Teknologi Racing Hybrid System

Hino Siksa Truk Hybrid Di Dakar Rally 2022
 
Tim Hino Sugawara menggunakan Hino600 yang dilengkapi dengan teknologi Racing Hybrid System. Teknologi ini dibenamkan di model bonnet-type truck yang menjadi produk eksklusif untuk pasar Amerika Serikat dan Kanada.
 
Truk ini mengandalkan mesin diesel A09C-TI 9.000 cc I-6 turbo intercooler dengan tenaga 788 daya kuda dengan torsi 2.295 Nm, plus sistem hybrid dengan tambahan tenaga 276 daya kuda. Dengan bobot seberat 8.600 kg dan dan total power output mencapai 1.065 daya kuda, Hino mengklaim truk Dakar Rally 2022 akan lebih kompetitif.
 
Selain itu, sistem transmisi juga diperbarui. Mereka menggunakan transmisi otomatis 6-speed buatan Allison yang berperan penting mengurang beban kerja pembalap. Ada kunci diferensial tengah (central differential lock) dan transfer case yang memungkinkan untuk beralih antara persneling jarak tinggi dan rendah.
 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif