Mobil Otonom

Toyota Bikin Fasilitas Uji Coba Mobil Otonom

M. Bagus Rachmanto 10 Mei 2018 08:27 WIB
toyotaautonomous
Toyota Bikin Fasilitas Uji Coba Mobil Otonom
Fasilitas uji coba mobil otonom milik Toyota di Michigan Technical Resource Park (MITRP) di Ottawa Lake. Autoguide
Amerika Serikat: Produsen otomotif besar berlomba-lomba untuk menciptakan mobil otonom/self driving mereka. Dalam pengembangannya berbagai fasilitas uji coba dibuat agar mobil otonom layak jalan dan bisa dikendarai dengan aman di jalan umum.

Pabrikan mobil Jepang, Toyota, salah satu yang membuat fasilitas uji coba untuk riset mobil otonomnya. Melalui Toyota Research Institute (TRI), fasilitas tersebut dibangun di luas atas lahan seluas 60 hektar, terletak di Michigan Technical Resource Park (MITRP) di Ottawa Lake, AS.

Toyota mengatakan fasilitas uji coba tersebut dijadwalkan siap beroperasi Okteber mendatang, dan bakal digunakan secara eksklusif oleh TRI untuk mereplikasi skenario mengemudi "edge case" secara aman, yang menurut Toyota terlalu berbahaya untuk dilakukan di jalan umum.


Fasilitas TRI memiliki lintasan uji sepanjang 1,75 mil (2,8 km) MITRP, mencakup replika kondisi jalan lingkungan perkotaan yang padat, permukaan jalan licin, dan jalan raya yang terbagi empat jalur dengan perpotongan jalan keluar masuk berkecepatan tinggi. Termasuk lintasan oval dan fasilitas layanan lain.

Dikatakan, ini merupakan proyek untuk pengujian mobil otonom guna keperluan lebih luas, bersama kemitraan dengan GoMentum Station di California, dan Mcity serta American Center for Mobility di Michigan.

"Dengan membangun fasilitas pengujian untuk diri kami sendiri, kami dapat mendesainnya sesuai kebutuhan pengujian unik kami, serta dapat dengan cepat meningkatkan kemampuan, terutama dengan mode kendaraan otomatis Toyota Guardian," kata TRI senior vice president of automated driving, Ryan Eustice, seperti dilansir Autoguide.

Lebih lanjut menurut Eustice, fasilitas pengujian itu disebut akan memberikan dan membantu pihaknya untuk mempelajari dan memahami teknologi mobil otonom, yang kemanannya disesuaikan seperti mobil konvensional.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id