Kemajuan teknologi juga berpengaruh terhadap kemudahan proses klaim melalui aplikasi di gawai. Medcom.id/Ekawan Raharja
Kemajuan teknologi juga berpengaruh terhadap kemudahan proses klaim melalui aplikasi di gawai. Medcom.id/Ekawan Raharja

Perusahaan Asuransi Tak Lari dari Klaim Asuransi

Otomotif asuransi kendaraan
Ekawan Raharja • 21 Agustus 2019 08:26
Medan: Momentum sekarang ini, banyak masyarakat Indonesia yang masih enggan ikut serta asuransi kendaraan. Salah Satu alasannya karena ketakutan proses klaim asuransi yang sulit atau bahkan klaim di tidak bisa diterima.
 
Chief Executive Officer Asuransi Astra, Rudy Chen, menjelaskan untuk urusan klaim konsumen tidak perlu takut. Anak usaha Astra Grup yang mengurusi bisnis asuransi ini sudah memikirkan soal skema klaim sejak memakai pendekatan konvensional.
 
"Kita punya cabang dan kami pindah ke mall karena cabang ada keterbatasan. Kantor cabang beroperasi Senin-Jumat ada jam kantor. Kita pindah ke mall, biasanya orang itu sempat klaim, orang profesional, mengurus after office dan Sabtu-Minggu. Jadi kita akses di mall juga," ungkap Rudy Chen menjawab pertanyaa Medcom.id (19/8/2019) di Adimulia Hotel Medan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perusahaan Asuransi Tak Lari dari Klaim Asuransi
 
Dia pun menjelaskan kalau Garda Center, yang mengurus asuransi kendaraan, sudah memiliki 24 tempat di berbagai daerah. Bahkan jumlahnya ini juga sama banyaknya dengan kantor cabang yang ada di berbagai daerah.
 
Chief Marketing Officer Retail Business Asuransi Astra, Gunawan Salim, menjelaskan kini cara klaim pun berkembang dan semakin mempermudah klien asuransi melakukan klaim. Karena menurut dia, kemudahan klaim asuransi adalah salah satu pengalaman penting orang berasuransi dan berpengaruh terhadap kedepannya.
 
"Asuransi Astra tidak akan menghindari dari klaim, itu konsep awal. Kita memberikan pengalaman yang baik untuk konsumen itu adalah hal yang indah. Kalau konsumen beli dan tidak klaim itu tidak merasakan bisnis kita, Sehingga konsep kita harus memberikan servis terbaik saat ia klaim," sambung Gunawan Salim di kesempatan yang sama.
 
Perusahaan Asuransi Tak Lari dari Klaim Asuransi
 
Kemajuan teknologi juga berpengaruh terhadap kemudahan proses klaim melalui aplikasi di gawai. Melalui aplikasi, konsumen bisa melakukan pengecekan hingga mengurus klaim asuransi.
 
"Ada aplikasi yang bernama Garda Mobile Otocare bisa klaim di situ, itu makanya tagline kita peace your mind in your pocket, Lebih dekat lagi dengan konsumen dan itu ada di kantongmu. Kita mengutamakan hal itu, mempermudah seluruh proses klaim, kita tidak akan mempersulit persoalan itu," tutur Gunawan Salim.
 
Pendekatan serupa juga coba dilakukan oleh Adira Insurance yang mempermudah proses klaim asuransi kendaraan melalui aplikasi. Mereka menegaskan bahwa laporan klaim yang masuk melalui aplikasi Autocillin Mobile Claim sudah lebih dari 4.000 laporan setiap bulannya. Mencapai lebih dari 95 persen total klaim kendaraan bermotor roda 4, dengan seluruh proses laporan dan follow up menggunakan satu sistem yang juga sudah terintegrasi dengan 23 Autocillin Garage yang tersebar di seluruh Indonesia.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif