Penjualan Daihatsu secara garis besar ditopang oleh Sigra dengan 29 persen, Gran Max 21 persen, dan Xenia 16 persen.
Penjualan Daihatsu secara garis besar ditopang oleh Sigra dengan 29 persen, Gran Max 21 persen, dan Xenia 16 persen.

Data Penjualan 2019 Gaikindo Belum Keluar, Daihatsu Klaim Nomor Dua

Otomotif industri otomotif daihatsu
Ekawan Raharja • 10 Januari 2020 08:37
Jakarta: Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) hingga hari ini belum meluncurkan data penjualan mobil sepanjang 2019. Meski demikian, Daihatsu sudah berani mendeklarasikan diri bahwa mereka berada di peringkat kedua percaturan otomotif tanah air.
 
Daihatsu sekarang ini mengklaim, berdasarkan prediksi mereka, bahwa posisi mereka berada di nomor kedua daftar penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia. Bila catatan ini benar, maka mereka akan menjadi kontributor kedua terbanyak penjual mobil di Indonesia setelah Toyota.
 
"Kami bersyukur dapat mempertahankan posisi nomor dua selama 11 tahun berturut-turut pada penjualan ritel otomotif nasional. Pencapaian ini tidak lepas dari hasil inovasi yang dilakukan terus menerus dari seluruh team demi meningkatkan keamanan, kualitas, dan efisiensi,” ujar Marketing Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, Kamis (9/1/2020) di kantornya daerah Sunter Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Atas dasar apa mereka bisa mengklaim posisinya ini? Data internal Daihatsu mencatat penjualan retail mereka selama 2019 mencapai 177.588 unit atau sekitar 17 persen dari total pasar otomotif tanah air. Penjualan mereka secara garis besar ditopang oleh Sigra dengan 29 persen, Gran Max 21 persen, dan Xenia 16 persen.
 
Kemudian melirik data penjualan retail Gaikindo per November 2019, Honda sudah menjual 135.076 unit dan Mitsubishi menjual 110.654 unit. Untuk menyamai angka penjualan Daihatsu saja, Honda membutuhkan menjual 42.512 unit dan Mitsubishi butuh menjual 66.934 unit. Padahal rata-rata per bulannya, Honda hanya berhasil menjual sekitar 12 ribu unit dan Mitsubishi rata-rata menjual 10 ribu unit.
 
Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, menambahkan dengan perkiraan tersebut, kinerja 2019 dinilai telah mencapai target yang ditetapkan oleh perseroan. Anak perusahaan Toyota ini ditargetkan bisa meraih pangsa pasar sebesar 17 persen dari total pasar domestik.
 
"Kalau ditanya apakah kinerja kami pada 2019 mencapai target? Jawabannya iya, karena kami mencapai target dari sisi pangsa pasar sebesar 17%," katanya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif