Mobil Bekas

Cara Mengecek Kondisi Mesin Mobil Seken yang Masih Bagus

M. Bagus Rachmanto 12 Maret 2018 07:31 WIB
mobil bekas
Cara Mengecek Kondisi Mesin Mobil Seken yang Masih Bagus
Wajib memperhatikan kondisi mesin ketika membeli mobil seken. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Jakarta: Membeli mobil bekas (used car) atau seken berbeda dengan membeli mobil baru yang baru keluar dari dealer. Untuk mendapatkan mobil seken dengan kondisi terbaik diperlukan pengecekan khusus, utamanya di bagian mesin.

Menurut Kepala Bengkel Pool Blue Bird (BB) Marga Mulya dan Tambun, Agus Suharto, hal pertama dan wajib untuk diperhatikan ketika membeli mobil seken adalah mengecek bagian mesinnya. Pilih yang kondisi mesinnya masih bagus, karena lebih sulit memprediksikan kerusakan mesin ketimbang kerusakan bodi.

"Perhatikan kondisi mesin, kalau perbaikan bodi kelihatan apa saja yang harus diperbaiki. Tapi kalau mesin agak sulit memprediksikannya karena semua komponennya ada di bagian dalam dan tak terlihat," beber Agus saat berbincang dengan Medcom.id di Bekasi, Minggu (11/3/2018).

Ia menambahkan, ciri mobil yang sudah memiliki jarak tempuh yang jauh atau jam terbang yang tinggi juga dapat terlihat dari kondisi mesinnya, termasuk dari bagian saluran pipa pembuangan emisi atau knalpot.


"Cara gampang mengeceknya gini, lihat kotor gak mesinnya, kemudian nyalakan sejam mesinnya untuk melihat apakah ada yang rembes. Setelah itu lihat knlapotnya hitam gak, cek sentuh menggunakan jari, kalau hitam dan beroli maka ada yang bocor di bagian sil klepnya," terangnya.

Untuk mengenali kondisi mesin juga bisa melihat dari asap yang keluar dari knalpot, kata Agus, jika asap yang keluar dari knlapot berwarna abu-abu menandakan komponen slip klep sudah aus/rusak. Kalau asap yang keluar dari knalpot berwana putih, ring sehernya yang sudah rusak, itu artinya harus turun mesin.

"Kalau kondisi mesin yang masih bagus, knalpot tidak mengeluarkan asap, dan di pagi hari masih mengeluarkan embun, itu tandanya pembakaran dan kompresi mesin masih normal atau bagus," tutup Agus.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id