Tahun ini pelaksanaan kejuaraan nasional offroad bakal lebih seru. Jurnalis 4x4
Tahun ini pelaksanaan kejuaraan nasional offroad bakal lebih seru. Jurnalis 4x4

IOF Bangkit, Gelar Tiga Kejuaraan Level Nasional Tahun ini

Otomotif offroad balap mobil
Ahmad Garuda • 30 Mei 2019 07:36
Jakarta: Harapan Indonesia Offroad Federation (IOF) untuk menjadi sebuah organisasi yang punya banyak sumbangsih buat negara dan olahraga otomotif nasional, mulai menunjukkan titik terang. Setelah beberapa tahun tak menggelar event level nasional, tahun ini di bawah kepemimpinan ketua baru yaitu Irjen Pol, Drs. Sam Budigusdian MH.
 
Target pelaksanaan event level nasional pun mulai matang dalam hal perumusan. Mulai tanggal pelaksanaan yang sudah fiks, kemudian regulasi-regulasi yang tak hanya menilik sisi kompetisi saja, namun juga pembibitan offroader muda dan ekspansi kelas yang lebih luas.
 
"Ini adalah bentuk komitmen kami untuk membesarkan IOF dan olahraga otomotif khususnya di ranah offroad. Paling tidak dengan merumuskan ragam kegiatan dengan standarisasi nasional, menjadikan teman-teman di daerah dan offroader nasional lebih baik. Apalagi ini juga menjadi pembuktian bahwa IOF bisa tetap eksis dengan menggelar event yang lebih profesional," klaim Ketua IOF, Sam Budigusdian dalam keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam sesi buka puasa bersama yang digelar pada Selasa (28//5/2019) lalu, terdapat empat agenda besar yang mereka rumuskan sebagai kegiatan utama. Yaitu Kejuaraan Nasional IOF Adventure Kompetisi (di dalamnya ada National Championship), lalu Racing Adventure (non winch), adventure remote control dan Enduro Roda Dua.
 
Untuk Kejurnas winch dan non winch di atas, mungkin sudah lazim. Namun hal yang menarik justru terdapat di Adventure RC dan Enduro Roda Dua. Mengingat RC adalah versi mini dari mobil offroad namun punya keseruan sendiri. Sementara Enduro Roda Dua adalah untuk mewadahi para penikmat trabas motor yang selama ini kurang terjangkau oleh level nasional.
 
"Ya kami coba memberikan pilihan yang lebih lengkap untuk kompetisi tahun ini. Semoga bisa memberikan warna yang lebih lengkap terhadap keberlangsungan dan keseruan balap offroad level nasional. Mengingat sekarang kondisinya memang sedikit menurun. Jadi harus digenjot dengan berbagai kegiatan yang lebih baik."
 
Namun tidak semua kategori ini akan digelar di semua event pelaksanaan. Seperti rencana Adventure RC dan Enduro Roda Dua, mengingat mereka juga tetap harus mempertimbangkan jumlah peserta. Sekarang tinggal menunggu penerapannya saja.
 
Jadwal Pelaksanaan Event Nasional IOF:
Seri 1: Bengkulu, 12-14 Juli 2019
Seri 2: Kalimantan Timur, 20-22 September 2019
Seri 3: Jawa Timur, 7-10 November 2019
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif