Suzuki Indonesia pernah memasarkan Ertiga diesel. Istimewah
Suzuki Indonesia pernah memasarkan Ertiga diesel. Istimewah

Mobil Baru

Alasan Ketiadaan Suzuki Ertiga Diesel di Indonesia

Otomotif mobil baru suzuki mobil
Ekawan Raharja • 11 Juni 2020 16:25

Jakarta: Di kondisi sekarang ini sudah tidak ada lagi mobil di kelas low sport utility vehicle (LSUV) yang menggunakan mesin diesel. Padahal beberapa tahun silam sempat ada Chevrolet Spin dan Suzuki Ertiga yang mengusung mesin diesel.
 
Untuk Spin mungkin dimaklumi kenapa tidak ada lagi di Indonesia, karena untuk sekarang ini pun merek Chevrolet sudah mengumumkan menghentikan penjualannya di Tanah Air. Sedangkan Ertiga masih ada, dan sudah masuk generasi kedua, tanpa menghadirkan varian mesin diesel.
 
Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales, Harold Donnel, menjelaskan untuk sekarang ini mereka tidak lagi memasarkan Ertiga diesel. Alasannya adalah bahan bakar yang sensitif dan belum semua daerah di Indonesia memasarkan bahan bakar yang berkualitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari sisi bagaimana cara kita mengisi bahan bakar. Mungkin di kota-kota besar kalau bicara mesin diesel saat ini masih mudah. Coba cek ke market yang ada di beberapa kota-kota kecil misalnya di daerah Sumatera atau Kalimantan dan Sulawesi itu belum tentu tersedia,” terang Harold melalui webinar beberapa waktu lalu.
 
Menurut dia kalaupun ada bahan bakar jenis solar di daerah-daerah terpencil, pasti pemilik kendaraan harus antri panjang untuk melakukan pengisian. “Tentunya hal itu akan memberikan pengalaman yang buruk bagi konsumen kami,” sambungnya.

Konsumen Belum Terbiasa dengan Fitur Start/Stop Engine

Salah satu yang menjadi keunggulan dari Ertiga Diesel kala itu adalah Fitur Start/Stop Engine. Tetapi sayangnya teknologi ini tampaknya belum bisa diterima oleh konsumen di Tanah Air.
 
“Di mana ada teknologi auto stop dan auto start, mesin akan hidup atau mati secara otomatis ketika mobil berhenti selama beberapa detik. Setelah kita kaji lagi dari pasar, itu penyesuaiannya cukup lama artinya banyak konsumen yang tidak terbiasa,” paparnya.
 
Jadi yang masih berharap kehadiran Ertiga diesel, harap bersabar lebih lama lagi. Siapa tahu Suzuki berubah pikiran dan kembali memasarkan Ertiga diesel.


 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif