Hyundai Elec City. Hyundai
Hyundai Elec City. Hyundai

Bus Listrik

Hyundai Elec City, Bus Listrik Andalan Piala Dunia 2022

Ekawan Raharja • 01 Desember 2022 14:00
Doha: Penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar mengandalkan kendaraan listrik untuk menunjang mobilitas. Bahkan para penonton dan para pemain yang berlaga di Piala Dunia 2022 diangkut oleh bus listrik Hyundai Elec City.
 
FIFA diketahui memiliki kerja sama dengan Hyundai untuk penyediaan kendaraan listrik. "Hyundai Motor dan FIFA berbagi komitmen kuat untuk membuat acara tahun ini sukses berkelanjutan melalu penggunaan mobilitas bersih," kata Jaehoon Chang, President and CEO of Hyundai Motor Company dalam keterangan resminya
 
Jenama asal Korea Selatan tersebut menyediakan 10 unit bus listrik selama penyelenggaraan Piala Dunia 2022. Elec City yang ditawarkan ini memiliki panjang 10,998 m serta memiliki kapsitas kursi penumpang 27+1.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Elec City dilengkapi dengan baterai berukuran 256 kWh atau 128 Kwh. Jika secara konstan berjalan dengan kecepatan 73 kilometer per jam, Elec City mampu menempuh perjalanan 290 Km sekali cas dari penuh dengan baterai ukuran 256 kWh.
 
Uniknya, meski bus listrik, Elec City memiliki desain low deck alias lantai rendah karena baterainya disematkan di atap. Jadi dengan lantai yang rendah, adanya ramp, Elec City cocok untuk jalanan perkotaan.
 
Kemudian di bagian samping juga terdapat ramp yang memudahkan pengguna kursi roda untuk masuk kabin. Terdapat juga sensor ultrasonik yang dipasang di pintu masuk dan tengah bus untuk melindungi penumpang dari cedera saat naik dan turun.
 
Nah kira-kira Elec City bakalan ada di Indonesia juga?
 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif