Utah: Inovasi untuk kendaraan bermesin konvensional belum habis. Sebuah perusahaan asal Amerika Serikat, Transcend Energy Group, melakukan pengembangan Connecting Rods (setang seher) yang diklaim bisa meningkatkan torsi mobil secara instan.
Perusahaan yang berbasis di Utah ini mendesain ulang Setang Seher dengan menggunakan ring ganda di salah satu ujungnya. Mereka menilai pemanfaatan ring ganda ini membuat pergerakan piston lebih maksimal karena dapat mengubah sudut saat engkol berputar.
Perusahaan mengklaim setang seher desain mereka itu akan membuat piston turun lebih jauh dan lebih cepat saat berada di posisi 90 derajat. Dengan begitu, setang seher akan memberikan daya ungkit yang lebih baik ke poros engkol dan meningkatkan kompresi dinamis hingga 25 - 30 persen.
Sayangnya, setang seher yang dikembangkan ini masih untuk mesin V8 berkapasitas 5.300 cc dan 6.2 liter dari General Motors. Hasil uji coba yang mereka lakukan menunjukan penggunaan setang seher ring ganda ini dapat mengeluarkan torsi mesin 5.300 cc menyamai mesin 6.200 cc.
Hal tersebut juga perlu melakukan beberapa penyesuaian, terutama adalah kompresinya, di mana jika standarnya 155 psi maka tekanan yang diberikan sebesar 198 psi. Dengan adanya peningkatan kompresi tersebut, maka performa mesin akan menjadi maksimal pada pengaturan 32 derajat.
Meski beberapa klaim perusahaan meyakinkan komponen ini dapat memberikan dampak baik, namun di beberapa kalangan hal tersebut dipertanyakan. Penggunaan two pieces ring yang dibuat akan memberikan bobot yang lebih berat dibandingkan versi standarnya.
Ini akan berdampak pada gaya inersia tambahan yang akan meningkat secara substansial saat mesin berputar lebih cepat. Dengan kata lain, mereka menganggap penggunaan komponen ini akan berpengaruh pada mesin low end dan akan mengorbankan saat mobil berada di rpm atas.
Utah: Inovasi untuk kendaraan bermesin konvensional belum habis. Sebuah perusahaan asal Amerika Serikat, Transcend Energy Group, melakukan pengembangan Connecting Rods (setang seher) yang diklaim bisa meningkatkan torsi mobil secara instan.
Perusahaan yang berbasis di Utah ini mendesain ulang Setang Seher dengan menggunakan ring ganda di salah satu ujungnya. Mereka menilai pemanfaatan ring ganda ini membuat pergerakan piston lebih maksimal karena dapat mengubah sudut saat engkol berputar.
Perusahaan mengklaim setang seher desain mereka itu akan membuat piston turun lebih jauh dan lebih cepat saat berada di posisi 90 derajat. Dengan begitu, setang seher akan memberikan daya ungkit yang lebih baik ke poros engkol dan meningkatkan kompresi dinamis hingga 25 - 30 persen.
Sayangnya, setang seher yang dikembangkan ini masih untuk mesin V8 berkapasitas 5.300 cc dan 6.2 liter dari General Motors. Hasil uji coba yang mereka lakukan menunjukan penggunaan setang seher ring ganda ini dapat mengeluarkan torsi mesin 5.300 cc menyamai mesin 6.200 cc.
Hal tersebut juga perlu melakukan beberapa penyesuaian, terutama adalah kompresinya, di mana jika standarnya 155 psi maka tekanan yang diberikan sebesar 198 psi. Dengan adanya peningkatan kompresi tersebut, maka performa mesin akan menjadi maksimal pada pengaturan 32 derajat.
Meski beberapa klaim perusahaan meyakinkan komponen ini dapat memberikan dampak baik, namun di beberapa kalangan hal tersebut dipertanyakan. Penggunaan two pieces ring yang dibuat akan memberikan bobot yang lebih berat dibandingkan versi standarnya.
Ini akan berdampak pada gaya inersia tambahan yang akan meningkat secara substansial saat mesin berputar lebih cepat. Dengan kata lain, mereka menganggap penggunaan komponen ini akan berpengaruh pada mesin low end dan akan mengorbankan saat mobil berada di rpm atas.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)