Mesin diesel berstandar Euro 4 yang digunakan oleh Mitsubishi Fuso. Medcom.id/Ekawan Raharja
Mesin diesel berstandar Euro 4 yang digunakan oleh Mitsubishi Fuso. Medcom.id/Ekawan Raharja

Kendaraan Komersial

Spesifikasi Solar untuk Truk Euro 4

Ekawan Raharja • 28 Maret 2022 12:00
Jakarta: Sejumlah produsen truk sudah mengumumkan produk mereka kini berstandar emisi gas buang Euro 4. Peningkatan standar kualitas ini juga berpengaruh terhadap bahan bakar yang harus digunakan para pemiliknya sehari-hari.
 
Vice President Sales & Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Aji Jaya, menyebutkan sudah memberikan informasi mengenai spesifikasi bahan bakar yang digunakan melalui stiker di tabung bahan bakar. Diharapkan, para sopir dan pemilik truk bisa menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
 
"Dengan teknologi Euro 4, bahan bakar yang disarankan untuk memaksimalkan performa mesin Euro 4 adalah bahan bakar yang kandungan sulfurnya maksimal atau lebih kecil dari 50 ppm dan cetane number minimal 51," ucap Aji di BSD City Banten.
 
Saat ini di pasaran tersedia Shell V-Power Diesel (CN 51/10 PPM), Pertamina Dex (CN 53/300 PPM), atau Pertamina Dexlite (CN 51/1.200 PPM). Selain itu, konsumen juga baiknya menghindari penggunaan bio solar karena memiliki cetane number 42 dengan sulfur maksimal 2.500 PPM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aji juga tidak menutup mata dengan belum distribusi solar Euro 4 yang belum merata di Indonesia. Sehingga, dia pun meminta kepada konsumen untuk menggunakan bahan bakar yang spesifikasinya mendekati anjuran pabrik.
 
"Jadi memang yang benar-benar sesuai atau mendekati spesifikasi Euro 4, secara cetane number-nya yang paling sesuai," ungkap Aji.
 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif