Lucas Barron dan ayahnya akan berlaga di kelas UTV dalam Dakar Rally 2019 Peru. AFP Photo/Ernesto Benavides
Lucas Barron dan ayahnya akan berlaga di kelas UTV dalam Dakar Rally 2019 Peru. AFP Photo/Ernesto Benavides

Peserta Down Syndrome Pertama dalam Sejarah Dakar Rally

Otomotif dakar rally asean para games down syndrome
M. Bagus Rachmanto • 03 Januari 2019 14:24
Lima: Dakar Rally dikenal sebagai salah satu balap mobil maraton lintas alam terberat dunia. Kondisi medannya sangat mensyaratkan semua peserta memiliki kesehatan jasmani yang mumpuni dan bermental baja.
 
Namun dalam ajang tahun ini yang akan berlangsung pada 6-17 Januari mendatang, ada seorang pengidap down syndrome yang lulus semua tahap seleksi. Dia adalah Lucas Barron (25), seorang paralimpian berkebangsaan Peru.
 
Sebagaimana dikutip dari AFP, Kamis (3/1/2019), Lucas akan bertindak sebagai navigator bagi Jaques Barron (55), ayahnya. "Balapan ini penting untukku. Target kami menyelesaikan setiap etape," ujar Lucas berseri-seri.

baca juga: Sejarah baru dalam Dakar Rally


Sebagai persiapan, selama 1,5 tahun terakhir pasangan ayah-anak ini telah berlatih dengan sangat serius. Sebagai 'pemanasan' pada September lalu mereka mengikuti Desafio Inca Rally yang medannya berupa bukit-bukit pasir di Peru selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi fisik Lucas juga telah teruji dalam berbagai ajang kompetisi renang, bersepeda, sepak bola, ski air dan selancar yang dia geluti selama ini. Lucas bahkan telah mendapatkan lisensi resmi dari Federasi Otomotif Internasinal (FIA) yang merupakan syarat utama mengikuti kompetisi otomotif kelas dunia.
 
Peserta <i>Down Syndrome</i> Pertama dalam Sejarah Dakar Rally
Jaques Barron (kiri) dan Lucas menargetkan mampu masuk finish di setiap etape. AFP Photo/Ernesto Benavides
 
"Lucas sangat awas mencermati lintasan dan teliti membaca pacenote. Dia juga membantu saya memperbaiki mobil," optimis Jaques Barron yang bersama Lucas akan berlaga di kelas UTV (Utility Task Vehicle).
 
Walau tergolong berkebutuhan khusus, Lucas tidak mendapatkan pengecualian dari panitia penyelenggara Dakar Rally 2018. Dia tetap harus menjalani semua tahap uji kesehatan dengan standar yang sama dengan peserta lain.
 
"Orang dengan down syndrome dapat mengembangkan kemampuan tertentu. Lihat putra saya, dia dapat memainkan olahraga apa saja," tambah Jaques yang sehari-harinya adalah insinyur


Yang berbeda di Dakar Rally 2019


Dakar Rally 2019 akan start dari Lima pada 6 Januari mendatang. Hingga 10 hari ke depan, 500-an kendaraan bermotor berpacu di lintasan sejauh 5 ribu kilometer yang 70 persen di antaranya adalah gurun pasir. Tahap terpanjang dan terberat akan mencakup jarak 370 kilometer dari Arequipa hingga Tacna pada 10 Januari.
 
Peserta <i>Down Syndrome</i> Pertama dalam Sejarah Dakar Rally
Mitsubishi Pajero yang dipacu Cristina Gutierrez Herrero -Gabriel Moiset Ferrer (Spain DKR Raid Service) terjungkal setelah 'terbang' menerjang bukit pasir di Peru dalam Dakar Rally 2018. AFP Photo/Franck Fife
 
Perbedaan lain Dakar Rally 2019 dibanding gelaran sebelum-sebelumnya adalah tidak berlangsung lintas negara. Peru sepenuhnya menjadi tuan rumah setelah Argentina, Chili, Paraguay dan Bolivia menolak berpartisipasi dengan alasan penghematan.
 
Dakar Rally dahulu dikenal dengan nama Paris-Dakar Rally, ajang balap mobil lintas benua yang terbuka bagi profesional dan amatir. Nama lama itu karena peserta reli memang start dari Paris, Prancis dan finish di Dakar, Senegal.
 
Dua puluh tahun setelah penyelenggaraan pertamanya pada 1979, Paris-Dakar Rally 2008 dibatalkan pada H-2 start. Perang di beberapa negara yang dilintasi menjadi pertimbangan utama sebab terlalu besar risikonya bagi keselamatan peserta yang datang dari berbagai negara.
 
Setahun kemudian lintasan dialihkan ke Amerika Selatan dan sejak itu namanya jadi Dakar Rally. Reli tetap dibagi dalam kelas mobil, truk dan sepeda motor. Sedangkan kelas UTV yang akan diikuti Lucas Barron dan ayahnya, baru dibuka pada 2017.
 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif