Toyota siap berikan kesempatan kepada Fernando Alonso untuk menjajal ajang Dakar Rally jika Ia memang siap. (Photo by Franck FIFE / AFP)
Toyota siap berikan kesempatan kepada Fernando Alonso untuk menjajal ajang Dakar Rally jika Ia memang siap. (Photo by Franck FIFE / AFP)

Toyota Siap Sokong Alonso Balap di Dakar Rally

Otomotif formula 1 balap mobil dakar rally
Ahmad Garuda • 14 Januari 2019 16:09
Jepang: Ketertarikan Fernando Alonso untuk melakukan pengetesan terhadap Toyota Hilux dengan spesifikasi Dakar Rally milik Nasser Al-Attiyah, sudah dibeberkan secara gamblang. Meski saat dibeberkannya informasi tersebut hanya Al-Attiyah dan manajer tim Gazoo Racing (Glyn Hall) yang tahu, tapi kini Toyota sudah mengetahuinya.
 
Bak gayung bersambut, Toyota ternyata siap mendukung sang juara dunia Formula One (F1) sebanyak 2 kali itu, jika Ia ingin menjajal balap terganas dunia itu. Bahkan menurut keterangan resmi pabrikan asal Jepang ini seperti yang ditulis Motorsport.com, bahwa mereka siap mendukungnya.
 
"Rencana Alonso untuk menjajal ajang Dakar Rally, tentu bukan angan semata. Kita bisa melihat Giniel de Villers yang merupakan juara balap mobil touring di Afrika Selatan selama 4 tahun berturut dari 1997-2000. Tapi ketika Ia turun ke ajang balap Dakar Rally pertama kali 2003, Ia justru finis di urutan kelima. Jadi rasanya semua kesempatan bagi Alonso terbuka lebar," klaim Hall.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Toyota Siap Sokong Alonso Balap di Dakar Rally
Jadi pendengar yang baik, Alonso diprediksi bisa cepat beradaptasi di Dakar Rally. AFP PHOTO / JEAN-FRANCOIS MONIER
 
Hall pun memberikan rencana proses yang harus dilalui Alonso jika memang itu bisa diwujudkan. Sesi yang pertama adalah membawanya ke Afrika Selatan dan mulai mengajarnya di trek yang sudah akrab dengan tim ini. Jadi mereka bisa tahu seperti apa kemungkinannya. Mungkin proses ini nanti akan memakan waktu lama untuk melihatnya berkompetisi di ajang Dakar Rally.
 
Alonso sendiri sudah pernah menegaskan bahwa Ia tak memiliki skill untuk membalap di ajang reli lintas negara ini. Tapi Hall tak ingin sesumbar tentang hal tersebut, Ia menegaskan bahwa Alonso adalah pembalap yang punya pengalaman 17 tahun di F1 dan Ia menjadi salah satu yang terbaik di sana. Bagaimana pun, Ia adalah pembalap yang bagus.
 
"Salah satu alasan kenapa Alonso bisa jadi pembalap terbaik di F1 adalah karena Ia mampu mendengar dan berpikir ketika sudah berada dalam batas tertinggi performa mobilnya. Skill inilah yang dibutuhkan di balapan reli lintas negara. Anda harus bisa mendengarkan dengan baik co-driver Anda, saat balapan berlangsung sangat kompleks."
 
Jika memang ini terwujud, baik Hall, Toyota, Gazoo Racing bahkan bagi para pembalap di dunia F1 dan Dakar Rally, bakal jadi tontonan besar. Ini akan jadi inspirasi bahkan bakal membawa haru yang banyak dari fans dan para pecinta balap di dunia.
 
Sekadar info, mobil di lintasan balap off road, sangat berbeda dengan balapan di lintasan aspal. Apalagi kategori balap reli di gurun pasir. Torsi besar, grip berbeda, tantangan perbukitan, tebing dan lain sebagainya membuat balapan ini akan berbeda dengan mobil balap di trek aspal.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif