Mobil Bekas

Mobil Matic Bekas Lebih Diminati Ketimbang Manual?

M. Bagus Rachmanto 12 Oktober 2018 09:01 WIB
mobil bekas
Mobil Matic Bekas Lebih Diminati Ketimbang Manual?
Mobil manual kian meredup dengan beralihnya pengguna ke mobil bertransmisi otomatis. Carscoops
Amerika Serikat: Teknologi transmisi otomatis berkembang dengan pesatnya. Tak banyak yang mengira bahwa pengguna mobil bertransmisi otomatis saat ini lebih banyak ketimbang pengguna mobil transmisi manual. Bahkan di Amerika Serikat (AS) mengendarai mobil manual dengan pergantian tongkat transmisi telah menjadi seni yang hilang dalam beberapa tahun terakhir. 

Namun demikian penggemar fanatik mobil manual masih ada, dan meraka akan terus menggunakannya selama pabrikan menyediakan. Untuk itu CarMax, diler jual beli mobil bekas terbesar di AS melakukan penelitian terhadap fenomena ini. Tujuannya untuk mengetahui minat konsumen akan mobil manual, dan negara dengan pengguna mobil manual terbanyak.

Berdasarkan data penjualan CarMax periode 31 Agustus 2017 hingga 31 Agustus 2018, 3,7 persen mobil bekas yang laku terjual adalah jenis transmisi manual. Menurut CarMax tren penurunan sangat jelas. Pada 1995, 26,8 persen dari penjualan CarMax adalah mobil manual. Artinya terjadi penurunan sebesar 86,2 persen.

New Mexico, Idaho dan Rhode Island adalah negara bagian yang memiliki persentase pembelian mobil manual lebih dari 5 persen. El Paso, Texas, Dothan dan Alabama disebut sebagai negara bagian dengan jumlah pembelian mobil terbesar, masing-masing lebih dari 6 persen.


Sementara negara-negara di mana mobil manual tidak populer adalah Illinois dan Mississippi, dengan masing-masing kurang dari 2 persen. Alasannya karena kedua negara didominasi sektor pertanian, di mana truk pickup sangat tren dan tidak ada yang mau mengendarai pickup manual.

Mobil manual di Birmingham dan Alabama juga tidak populer. Namun CarMax mengaku kesulitan menjelaskan alasannya, karena meski memiliki iklim/cuaca yang sama dengan Dothan, popularitas mobil manual jauh lebih kecil di Birmingham.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id