Nissan Ingin Carlos Ghosn Digeser dari Jabatan Chairman
Carlos Ghosn ditangkap kepolisian Jepang karena masalah kecurangan pelaporan keuangan. Nissan
Yokohama: Nissan mengakui kalau Chairman dan Representative Director Nissan motor Co, Carlos Ghosn, melakukan kecurangan pelaporan finansial. Bahkan Nissan sudah bersiap-siap ambil tindakan untuk menindaklanjuti temuan ini.

Menurut keterangan resminya, Chief Executive Officer Nissan (CEO), Hiroto Saikawa akan mengusulkan kepada Dewan Direksi Nissan untuk segera menggeser Ghosn dari posisinya sebagai Chairman dan Representative Director. Saikawa juga akan mengusulkan melepaskan Greg Kelly dari posisinya sebagai Representative Director.

Selain itu mereka juga akan melakukan perbaikan tata kelola dan kepatuhan dari internal Nissan. Hingga sekarang ini, produsen mobil listrik ini mengakui siap terbuka kepada jaksa publik Jepang untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan.


Nissan mengakui kalau Langkah ini diambil diambil karena temuan ini didapat dari penyelidikan internal. Sehingga diharapkan semua langkah ini bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah yang mendera sekarang.

Awal terkuaknya skandal yang dilakukan Ghosn dan Kelly berdasarkan penyelidikan internal selama beberapa bulan. Berdasarkan penyelidikan, ditemukan selama bertahun-tahun, baik Ghosn maupun Kelly, telah melaporkan jumlah kompensasi yang kurang dari jumlah sesungguhnya di laporan sekuritas Tokyo Stock Exchange, dengan tujuan mengurangi jumlah kompensasi Ghosn yang diungkapkan.

Selain itu, terkait dengan Ghosn, terdapat sejumlah pelanggaran lainnya yang terungkap, antara lain penggunaan aset perusahaan untuk kepentingan pribadinya, dan selain itu keterlibatan Kelly dalam hal ini juga telah terkonfirmasi.

Nissan juga meminta maaf yang kepada para pemegang saham dan pemangku kepentingan, atas ketidaknyamanan yang telah ditimbulkan oleh kejadian ini.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id