Ilustrasi kaca mobil terkena lemparan batu. Media Indonesia/Immanuel Antonius
Ilustrasi kaca mobil terkena lemparan batu. Media Indonesia/Immanuel Antonius

Safety Driving

Aksi Pelemparan Batu di Jalan, Pengemudi Jangan Lengah

Otomotif safety driving
Ekawan Raharja • 27 Agustus 2020 09:17
Jakarta: Kasus pelemparan batu ke mobil oleh orang yang tidak bertanggung jawab masih terjadi di sejumlah daerah. Sebagai pengemudi tentu harus terus waspada ketika mengemudi, jangan sampai lengah dan menjadi korban pelemparan baru.
 
Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana, menjelaskan kewaspadaan pengemudi selama perjalanan harus tetap dipertahankan. Hal ini berguna untuk antisipasi mengemudi, sehingga potensi bahaya bisa diminimalisir saat perjalanan.
 
"Hal yang harus selalu dilakukan, selalu waspada dalam mengemudi. Waspada dalam hal melakukan respon selama berkendara, sehingga potensi-potensi bahaya seperti orang melakukan kejahilan (melempar batu) dapat terdeteksi dan dihindari," ungkap Sony Rabu (26/8/2020) kepada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu untuk meminimalisir kerusakan akibat lembaran baru, khususnya di kaca, adalah menjaga kecepatan berkendara. Semakin kencang mobil melaku, maka mobil akan semakin batal apabila terkena lemparan baru.
 
Antisipasi lainnya dengan melapisi kaca di mobil dengan kaca film. Ini berguna untuk menambah kekuatan benturan, dan kaca film memiliki zat perekat sehingga kaca tidak langsung pecah dan mengenai penumpang.
 
"Jalan yang sepi bukan berarti aman, waspadai hal-hal seperti ini (pelemparan baru) karena aksi mereka pasti dilakukan di jalan yg kondisinya sepi, yaitu malam hari atau sepi pelintas," saran Sony Susmana.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif