Ilustrasi kecelakaan mobil. Twitter/TMCPoldaMetro
Ilustrasi kecelakaan mobil. Twitter/TMCPoldaMetro

Safety Driving

Lockdown Bikin Kemampuan Mengemudi Berkurang

Otomotif safety driving
Ekawan Raharja • 28 Mei 2020 18:39
London: Sejumlah negara memberlakukan lockdown yang mengakibatkan pembatasan aktivitas di luar ruangan, termasuk mengendarai mobil di jalan. Setelah dua bulan lebih sejumlah negara memberlakukan lockdown, ternyata membuat para pengemudi berkurang kemampuan berkendaranya.
 
Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya angka klaim asuransi karena kendaraan mengalami kecelakaan. Sebuah perusahaan Asuransi di Inggris, Admiral, menyebutkan adanya peningkatan 16 persen klaim asuransi akibat kecelakaan mobil setelah enam pekan lockdown di negara tersebut.
 
Bahkan hasil klaim mereka menunjukan 29 persen diantaranya adalah kecelakaan di area parkir. Bisa dibilang ini cukup fatal karena parkir merupakan manuver yang dilakukan saat memulai dan setelah mengendarai mobil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terlepas dari berapa banyak mobil di jalan, penting bahwa pengemudi tetap waspada setiap saat dan tetap waspada terhadap lingkungan mereka saat berada di belakang kemudi," ungkap Kepala klaim Asuransi Admiral, Lorna Connelly, dikutip dari Dailymail.
 
Admiral melihat kecelakaan di parkiran meningkat karena banyak faktor yang bisa menyebabkannya. Mulai dari banyak mobil yang lebih banyak parkir karena pemiliknya bertahan di rumah saja, kemampuan pengemudi berkurang karena lama tidak bepergian, atau sejumlah pengendara jalan kebut-kebutan karena jalanan yang lebih sepi.
 
Mereka pun memberikan saran bagi kepada pengemudi untuk mempersiapkan diri lebih baik sebelum bepergian. Terlebih apabila kepercayaan diri berkurang karena lama tidak mengemudikan mobil.
 
"Melatih manuver seperti parkir dan membalikkan di ruang terbuka seperti tempat parkir bisa sangat membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda" ungkapnya.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif