Di kelas MPV bekas seharga Rp40–60 juta, Kijang Inova menjadi mobil dengan suplai tertinggi. Mobil merek ini mengalami kenaikan supply sebanyak 11 persen sepanjang Ramadan, dari 1,820 unit menjadi 2,010 unit. MI/Ramdani
Di kelas MPV bekas seharga Rp40–60 juta, Kijang Inova menjadi mobil dengan suplai tertinggi. Mobil merek ini mengalami kenaikan supply sebanyak 11 persen sepanjang Ramadan, dari 1,820 unit menjadi 2,010 unit. MI/Ramdani

SUV dan MPV jadi Primadona Mobil Bekas Jelang Mudik

Otomotif mobil bekas Mudik Lebaran 2019
Ekawan Raharja • 24 Mei 2019 13:17
Jakarta: Jelang mudik 2019 turut diikuti dengan kenaikan permintaan mobil bekas. Salah satu situs jual beli mobil bekas, OLX, mencatat adanya kenaikan suplai dan kebutuhan akan mobil bekas di musim mudik 2019.
 
e-commerce ini membeberkan data dari segi supply, angka penjualan mobil bekas turut naik, terutama untuk mayoritas mobil dengan segmen multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV). Kedua mobil ini tidak hanya menjadi favorit jelang Lebaran, namun menjadi mobil dengan suplai dan permintaan tertinggi sepanjang tahun.
 
"Kami memantau adanya kenaikan suplai untuk mobil-mobil dengan segmen MPV dan SUV, sepanjang Ramadan ini jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Merek-merek seperti Toyota Kijang, Honda CR-V, Daihatsu Espass, Suzuki APV, dan Grand Livina mengalami kenaikan dari segi suplai. Kami bahkan memantau pergerakan suplai untuk mobil-mobil tersebut di kisaran harga Rp40–90 juta,” jelas Head of Automotive Category OLX Indonesia, Ivo Wassenaar, melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Ivo, kisaran harga tersebut kini cukup terjangkau bagi pembeli yang ingin memanfaatkan mobil bekas untuk mudik Lebaran. Dengan harga Rp40–90 juta, calon pembeli dapat mencari mobil-mobil SUV dan MPV keluaran tahun 2000 ke atas, dari berbagai macam merek.
 
SUV dan MPV jadi Primadona Mobil Bekas Jelang Mudik
 
Di kelas MPV bekas seharga Rp40–60 juta, Kijang Inova menjadi mobil dengan suplai tertinggi. Mobil merek ini mengalami kenaikan supply sebanyak 11 persen sepanjang Ramadan, dari 1,820 unit menjadi 2,010 unit. Sementara itu di kelas SUV suplai terbanyak didominasi oleh CR-V dengan Kenaiknya mencapai 11 persen, yaitu dari 440 unit menjadi 490 unit.
 
Untuk kisaran harga Rp70 – 90 juta, Nisan Grand Livina menempati urutan dengan supply terbanyak di segmen MPV dengan 2,970 unit. Berbeda dengan Kijang Inova, CR-V, atau Grand Livina justru mengalami penurunan sebesar 2 persen. Sementara itu untuk segmen SUV di kisaran harga yang sama, X-Trail mengalami kenaikan suplai sebesar 12 persen, dari 720 unit menjadi 820 unit.
 
Beberapa merek mobil yang juga mengalami kenaikan suplai dibandingkan Ramadan tahun lalu adalah Daihatsu Espass meningkat 21 persen, kemudian Mitsubishi Kuda yang meningkat 19 persen, Suzuki APV juga mengalami kenaikan suplai mencapai 10 persen, tidak ketinggalan Ford Escape dengan kenaikan 37 persen, ada juga Suzuki Grand Escudo dengan kenaikan permintaan 15 persen, selanjutnya Honda Odyssey meningkat 10 persen, serta kenaikan permintaan Chevrolet Captiva 17 persen. Semua merek tersebut dijual di kisaran harga Rp40–90 juta.
 
Menurut Ivo, kenaikan suplai ini adalah imbas dari adanya permintaan yang tinggi dari calon pembeli. Pencarian mobil bekas di OLX pada Ramadan tahun ini naik sebanyak 9,3 persen atau setara dengan 250,000 calon pembeli. Masyarakat tampak mencari moda transportasi yang nyaman digunakan bersama keluarga untuk mudik, atau sekadar berwisata dan bersilaturahmi bersama keluarga selama libur Lebaran.
 
"Di OLX, kami tidak hanya memberikan berbagi pilihan merek, model, dan segmen mobil. Kami juga memberikan pilihan harga yang variatif bagi calon pembeli. Dengan demikian, mereka dapat menyesuaikan dengan budget yang tersedia,” tutup Ivo.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif