All New Mazda 3 bakal andalan baru Eurokars Motor Indonesia di GIIAS 2019. medcom.com/Ahmad Garuda
All New Mazda 3 bakal andalan baru Eurokars Motor Indonesia di GIIAS 2019. medcom.com/Ahmad Garuda

Meluncur di GIIAS, Medcom.id sudah Menjajal All New Mazda 3

Otomotif test drive kontes mobil hemat energi
Ahmad Garuda • 08 Juli 2019 17:27
Jakarta: Peluncuran All New Mazda 3 memang baru akan dilakukan di pameran otomotif nasional Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Namun APM Mazda di Indonesia memberikan eksklusifitas tersendiri bagi jurnalis otomotif nasional untuk menjajal produk tersebut terlebih dahulu.
 
"Tentu ini menjadi cara kami untuk menyampaikan secara luas informasi tentang mobil baru kami ini. Paling tidak, dengan adanya penyampaian informasi lebih dulu kepada konsumen, mereka mulai tahu apa yang ingin mereka ketahui tentang mobil ini," klaim President Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Roy Arman Arfandy saat menghadiri sesi media drive pagi tadi, Senin (8/7/2019).
 
Pengalaman berkendara dengan mobil yang belum diluncurkan tersebut pun cukup unik. Lantaran EMI memberikan rute perjalanan yang mengkombinasikan kondisi perkotaan, kemudian jalan urban (antar kota) lalu terakhir adalah jalur berliku khas kawasan pegunungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meluncur di GIIAS, Medcom.id sudah Menjajal All New Mazda 3
 
Secara performa, memang tidak banyak berubah lantaran masih menggunakan mesin yang sama. Namun dari sisi pengalaman berkendara, teknologi baru yang disematkan, kini lebih membantu para pengemudi agar bisa lebih aman. Misalnya lane keeping assist yang benar-benar membantu pengemudi saat fokus berkendara mulai hilang. Bahkan hingga sistem kekedapan kabin.
 
Mesinnya masih menggendong tipe SkyActiv yang sama dengan Mazda 3 versi sebelumnya yaitu SkyActiv-G 2.000 cc, NA. Meski belum disuntik dengan mesin SkyActiv dengan pengembangan termutakhir dari Mazda, performanya masih tetap 'menggigit'.
 
PT EMI menegaskan bahwa kali ini mereka tak ingin bermain setengah-setengah dalam hal perluasan pasar. Misalnya dengan cara melakukan impor langsung dua tipe yang akan mereka luncurkan nanti. Yaitu tipe hatchback dan tipe sedan.
 
Sayangnya, EMI belum bersedia menyebutkan harga tepatnya. Namun diprediksi, harganya tidak akan berada di atas angka Rp500 juta atau sekitar Rp420 juta hingga Rp450 jutaan. Jika dilihat secara dimensi, bisa dikategorikan ini akan memberikan persaingan terhadap Volkswagen Scirocco, Toyota Corolla bahkan Honda Civic Hatchback. Namun secara harga dan kapasitas mesin, sedikit agak sulit menemukan komparasi tepatnya.
 
Untuk hasil sesi tes yang kami lakukan dari Jakarta-Bogor-Jakarta, akan kami kupas secara detail dalam artikel terpisah. Namun jika Anda adalah car enthusiast, rasanya akan sulit untuk mengalihkan pandangan dari mobil ini.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif