Mercedes-Benz A-Class dengan ukuran compact. Medcom.id/Ekawan Raharja
Mercedes-Benz A-Class dengan ukuran compact. Medcom.id/Ekawan Raharja

Mercedes-Benz Rambah Segmen Compact Sedan Melalui A-Class

Otomotif mercedes-benz mobil baru
Ekawan Raharja • 24 Oktober 2019 17:10
Jakarta: Mercedes-Benz terus memenuhi lini sedan di Indonesia dengan berbagai model dan ukuran. Baru-baru ini mereka memperkenalkan A-Class sedan yang merupakan sedan paling mungil dan menjadi entry level sedan di tanah air.
 
Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Choi Duk Jun, menjelaska ukuran bukan menjadi sebuah tolak ukur kemewahan yang ditawarkan oleh merek asal Jerman ini. Disebutkan bahwa mobil ini menawarkan head room dan legroom yang lega, mesin modern dan efisien, fitur keamanan yang lengkap, dan Mercedes-Benz User Experience (MBUX) yang menjadi sistem infotainment yang menjadi ciri khas merek berlogo shooting star itu.
 
"Mengikuti kesuksesan awal A-Class di tahun lalu, berbagai perkembangan baru terjadi secara berurutan sehubungan dengan keluarga baru Compact Cars. Menanggapi keinginan banyak pelanggan, termasuk di Indonesia, hari ini untuk pertama kalinya juga kami menawarkan A-Class sebagai sedan. Ini memungkinkan kami untuk memikat para pelanggan baru Mercedes-Benz," ungkap Choi Duk Jun Kamis (24/10/2019) di She's Mercedes Cafe Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mercedes-Benz Rambah Segmen Compact Sedan Melalui A-Class
 
Kehadiran A-Class ini maka melengkapi berbagai model compact cars yang ditawarkan oleh rival BMW dan Audi itu. Sebelumnya, mereka sudah memasarkan A-Class Hatchback, B-Class, CLA Coupe, dan GLA.
 
Secara ukuran, A-Class berdimensi 4.549 mm x 1.796 mm x 1.446 mm (PxLxT) dan jarak sumbu roda 2.729 mm. Kemudian bagian bagasi tercatat memiliki kapasitas 420 liter.
 
Desain eksteriornya menawarkan konsep sporty dan dinamis dengan overhang pendek di depan dan belakang. Gaya sporty dan dinamis ditawarkan melalui kap mesin yang rendah dan memanjang, lampu depan yang minimalis dengan akses krom, grill radiator louvre tunggal, hingga pelek 18 inci.
 
Mercedes-Benz Rambah Segmen Compact Sedan Melalui A-Class
 
Beralih ke dalamnya, A-Class dirancang dengan gaya interior yang modern dan avant-garde. Arsitektur interior terbentuk oleh desain dashboard avant-garde, dengan kehadiran layar lebar, ventilasi udara dengan tampilan menyerupai turbin, hingga ambient lighting dengan 64 warna.
 
Sistem hiburan mobil ini menggunakan sistem MBUX dilengkapi artificial intelligence yang mampu mempelajari preferensi pengguna kendaraan untuk menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan pengguna. MBUX juga menerima perintah suara dengan menggunakan kata kunci 'Hey Mercedes', dan dapat terkoneksi dengan gawai melalui Android Auto atau Apple CarPlay.
 
Soal keamanan, A-Class sudah dilengkapi dengan airbag di 6 titik, active brake assist, active parking assist, cruise control, run-flat tyres, type pressure monitoring system, dan wiper otomatis.
 
Mercedes-Benz Rambah Segmen Compact Sedan Melalui A-Class
 
Di balik kap mesin terbaring teknologi A 200 Progressive Line 1.332 cc bertenaga 163 daya kuda dan torsi 250 Nm, yang dikombinasikan transmisi kopling ganda 7G-DCT. Catatan akselerasi 0-100 kilometer per jam di 8,1 detik dan kecepatan puncak mencapao 230 kilometer per jam.
 
Choi Duk Jun menambahkan bahwa mobil ini dibanderol dengan harga Rp799 juta (off the road). Mobil ini sudah bisa dipesan di dealer-dealer resmi yang tersebar di berbagai daerah.
 
Kehadiran A-class di Indonesia jelas cukup menjanjikan karena BMW dan Audi tidak membawa mobil yang menjadi rival. Bila pun mencari compact sedan dengan fitur yang cukup lengkap dan canggih, maka Mazda3 sedan bisa menjadi pilihan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif