Kendaraan niaga jadi celah masuknya brand Tiongkok ke Indonesia. MTVN/ A. Harry Budiawan
Kendaraan niaga jadi celah masuknya brand Tiongkok ke Indonesia. MTVN/ A. Harry Budiawan

Industri Otomotif

Brand Tiongkok Sasar Sektor Kendaraan Niaga Indonesia

Ainto Harry Budiawan • 10 Februari 2016 08:46
medcom.id, Jakarta: Kepercayaan masyarakat Indonesia akan brand Jepang tidak terbantahkan lagi. Brand ternama macam Toyota, Daihatsu, Nissan, Mitsubishi, Suzuki sudah punya tempat tersendiri di hati masyarakat.
 
Kehadiran brand kendaraan asal Tiongkok pun belum mampu menggeser dominasi brand Jepang. Alhasil mereka pun memutar otak, dan mencari celah pasar yang tak harus selalu bentrok dengan brand Jepang, yakni kendaraan niaga.
 
Ya segmen kendaraan niaga persaingannya tak sesulit bersaing di kendaraan penumpang. Tak pelak kalau brand macam Foton, FAW, Shacman sudah cukup punya nama di kalangan pelaku usaha. Mereka hanya bersaing dengan Isuzu, Hino dan Mitsubishi Fuso saja.

Begitu pula untuk sepeda motor, kendaraan niaga berbentuk motor roda tiga sangat diminati masyarakat pelaku usaha. Brand macam Tossa, Viar, APP KTM, Nozomi tak punya pesaing asal negeri matahari terbit di sektor ini.
 
Sedangkan untuk kendaraan sepeda motor roda dua, kecuali Nozomi, brand ini juga punya produknya, namun penjualannya lebih banyak di wilayah luar pulau Jawa. Memang kecil, tapi ini ladang yang besar bagi mereka.
 
Barangkali, dengan membuktikan kualitas produk mereka di sektor niaga, bisa jadi senjata dan acuan kalau kualitas produk sepeda motor dan mobil penumpang buatannya tak kalah dibandingkan brand asal Jepang.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan