Teknologi Otomotif

Manfaatkan Kamera Belakang, Bisa Bantu Kurangi Blind Spot

Ekawan Raharja 19 November 2018 18:06 WIB
teknologi otomotifnissan
Manfaatkan Kamera Belakang, Bisa Bantu Kurangi Blind Spot
Nissan Note salah satu mobil yang sudah mengadopsi Rear View Mirror. Medcom.id/Ekawan Raharja
Karawang: Beberapa pabrikan sudah membuat wacana penggunaan kamera sebagai pengganti spion samping. Hanya saja Nissan sekarang ini sudah memanfaatkan teknologi ini untuk membantu visibilitas spion tengah.

Customer Performance & Vehicle Test Departement Nissan Motor Co., Ltd., Akinari Hirao, menjelaskan pabrikan asal Jepang ini sudah menggunakan kamera untuk membantu spion tengah. Fitur Rear View Mirror sudah bisa dinikmati di Nissan Note dan Nissan Terra.

"Jadi di belakang spion tengah ini ada semacam tuas. Pengemudi tinggal menekan tuas ini untuk mengaktifkan kamera, sehingga kaca spion tengah terkoneksi dengan kamera," ujar Hirao-san di di sela-sela ASEAN Automobile Safety Forum 2018 di Karawang Jawa Barat.


Ada sejumlah keunggulan dengan memanfaatkan kamera sebagai spion tengah. Sudah pasti fungsi utamanya adalah membuat visibilitas (pandanga) pengemudi ke belakang lebih baik.

Pemanfaatan kamera ini diklaim membuat pandangan ke belakang lebih jelas. Pengemudi tidak perlu risau jika penumpang di belakang atau barang-barang di belakang menutupi kaca belakang, sehingga pengemudi tetap mendapatkan visibilitas yang jelas kondisi di belakang mobil.

Selain itu, pemanfaatan kamera membuat sudut pandang di belakang lebih luas. Jika penggunaan kaca konvensional terbatas di kaca belakang, maka penggunaan kamera belakang membuat sudut pandang lebih luas sekitar 40 derajat.

"Hal ini membuat titik blind spot lebih kecil. Sehingga pengemudi bisa lebih baik ketika melihat kondisi di belakang mobil," sambung Hirao-san.

Saat ini mungkin hanya Nissan yang baru memanfaatkan kamera untuk membantu fungsi spion tengah. Cuma tidak menutup kemungkinan merek-merek lain melakukan hal yang sama, atau juga Mitsubishi dan Renault mengadaptasi teknologi ini karena baik Nissan, Mitsubishi, dan Renault merupakan aliansi bersama.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id