Tim Nissan e.dams akan menggunakan mobil dengan livery merah, hitam dan putih yang terinspirasi oleh pakaian kimono Jepang. Nissan
Tim Nissan e.dams akan menggunakan mobil dengan livery merah, hitam dan putih yang terinspirasi oleh pakaian kimono Jepang. Nissan

Mobil Formula E Milik Nissan, Kini 'Pakai' Kimono

Otomotif mobil baru nissan Formula E
Ekawan Raharja • 25 Oktober 2019 12:29
Yokohama: Nissan memperkenalkan mobil balap Formula E untuk musim 2019/2020 dengan tampilan yang baru. Salah satu mobil yang akan berlaga di jet darat listrik ini akan menggunakan Kimono yang merupakan salah satu baju khas Jepang.
 
Lebih tepatnya, mobil balap dengan nol emisi gas buang ini akan menggunakan livery yang terinspirasi dari Kimono. Tim Nissan e.dams akan menggunakan mobil dengan livery merah, hitam dan putih yang terinspirasi oleh pakaian kimono Jepang, simbol tradisional umur panjang dan keberuntungan. Desain ini juga akan ditampilkan pada Nissan LEAF NISMO RC, mobil balap dengan motor listrik ganda yang dibuat berdasarkan mobil listrik Nissan LEAF.
 
"Menyambut awal musim kompetisi Formula E kedua, tim desain kami mengusulkan tampilan baru yang mengangkat warisan budaya Jepang dan DNA teknologi yang dinamis. Kami menggunakan warna balap ikonik Nissan, yakni merah, hitam dan putih, yang disusun berlapis secara diagonal dalam pola kimono, untuk menciptakan kesan dinamis dan kuat," kata Senior Vice President for Global Design Nissan Motor Corporation, Alfonso Albaisa, dikutip dari keterangan resmi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mobil Formula E Milik Nissan, Kini 'Pakai' Kimono
 
Proses pembuatan desainnya sendiri tidak sederhana. Nissan mengundang sekitar 40 desainer mereka yang bekerja di pasar-pasar utama di seluruh dunia untuk mengirimkan konsep-konsep untuk desain baru tersebut.
 
Pembalap Sebastien Buemi dan Oliver Rowland akan kembali di belakang kemudi untuk tim Nissan e.dams. Nissan telah mengembangkan powertrain yang diperbarui untuk musim keenam, sejalan dengan peraturan seri baru. Powertrain ini menggantikan sistem motor listrik ganda di musim kelima.
 
Tim-tim yang berlaga di Formula E akan menggunakan mobil Formula E Gen 2 itu memiliki dimensi panjang sekitar 5,1 meter, lebar 1,7 meter, tinggi 1 meter, dan jarak antar-roda (wheelbase) 3.1 meter, dengan bobot 900 kg termasuk di dalamnya berat baterai 385 kg.
 
Mobil Formula E Milik Nissan, Kini 'Pakai' Kimono
 
Ada dua mode berkendara pada Formula E Gen 2, yakni race mode yang mampu menghasilkan tenaga hingga 265 daya kuda, dan mode maximum power yang bisa menyemburkan tenaga lebih besar lagi hingga 335 daya kuda. Selain itu ada juga attack mode di mana pebalap bisa meningkatkan kecepatan di area tertentu. Mobil dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 250 kilometer per jam, dan mampu berlari dari 0-100 kilometer per jam dalam waktu 2,8 detik.
 
Mobil dari Tim Nissan e.dams nantinya juga akan berlaga di Indonesia mengingat Jakarta akan menyelenggarakan ajang Formula E pada 6 Juni 2020. Nantinya selain tim dari Nissan akan hadir juga tim-tim lainnya seperti Mahindra (Suzuki India), Nio (Cina), Jaguar-Panasonic (Inggris), Mercedes-Benz EQ (Jerman) Venturi (Monaco), AUDI (Jerman), BMW (Jerman), DS Tech (Cina), HWA (Jerman), GEOX Dragon (AS), dan Virgin (Inggris), dan tim baru Tah Heuer Porsche FE Team (Prancis).
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif