NEWSTICKER
BMW M4 Competition. Medcom.id/Ekawan Raharja
BMW M4 Competition. Medcom.id/Ekawan Raharja

Tips Knowledge

Mengemudi Mobil Mewah Bikin Orang Lebih Serampangan di Jalan

Otomotif safety driving tips knowledge
Ekawan Raharja • 08 Februari 2020 10:28
Jakarta: Mengendarai mobil di jalan tentu harus memperhatikan rambu-rambu lalu lintas dan tertib berkendara. Sayangnya, sebuah penelitian menyebutkan mengemudikan mobil mewah ternyata memicu orang untuk bertindak lebih kurang berhati-hati dan serampangan.
 
Profesor Psikologi University of Helsinki’s Swedish School of Social Science, Jan-Erik Lonngvist, bahkan melakukan sebuah studi ilmiah untuk membuktikan hal tersebut. Hasilnya menunjukan, pengemudi mobil mewah cenderung lebih agresif dan kerap melanggar rambu-rambu lalu lintas.
 
Studi menunjukan bahwa pengguna jalan tersebut kerap melanggar batas kecepatan, melakukan teknik slipstream membuntuti pengguna jalan lainnya, tidak menyalakan lampu, hingga mengemudi agresif. Semua dilakukan demi ego untuk membuktikan kelelakian mereka dan menegaskan status mobil mewahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Studi yang dilakukan dan kelakuannya ini berdasarkan asumsi kekayaan bisa merusak pola pikir seseorang, membentuk perilaku konsumtif, dan berperilaku tidak etis. Ditambahkan juga orang-orang yang menyukai mobil mewah adalah berkarakteristik narsisme dan ingin menonjolkan status sosial.
 
Jan Erik menilai pengemudi mobil mahal cenderung lebih rentan terhadap pelanggaran lalu lintas dan membuat mereka lebih sering memotong jalan pejalan kaki. Dikatakan juga pria pengemudi mobil mewah lebih ceroboh daripada yang wanita.
 
Kira-kira anda termasuk seperti itu?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif