} //}, false ); } catch (err) { console.log('adsLoader', err) } };
BMW Seri 7 generasi terbaru dirakit di Indonesia. (foto: medcom.id)
BMW Seri 7 generasi terbaru dirakit di Indonesia. (foto: medcom.id)

Mobil Baru

BMW Seri 7 Terbaru Rakitan Lokal Tak Kalah Mewah, Intip Fitur dan Harganya

Adri Prima • 07 Juni 2023 06:10
Jakarta: BMW Indonesia secara resmi meluncurkan generasi ke-7 dari BMW Seri 7, Selasa, 6 Juni 2023 di fasilitas BMW Production Network 2, PT. Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara.
 
Sedan mewah BMW seri 7 terbaru ini hadir dalam dua varian yakni BMW i7 xDrive60 Gran Lusso yang merupakan sedan mewah full listrik dan BMW 735i M Sport yang dirakit secara lokal di Indonesia. 
 
"BMW Seri 7 hadirkan kemewahan modern dan progresif, paket lengkap teknologi inovatif yang mengesankan dan pengalaman berkendara tak tertandingi yang memadukan kenyamanan dan kedinamisan. BMW Seri 7 sebagai kendaraan mewah BMW akan terus berkontribusi pada kesuksesan BMW Group,” ujar Senior Vice President BMW Group Sales Region Asia-Pacific, Eastern Europe, Middle East and Africa, Jean-Philippe Parain
Sementara itu, President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan berujar kalau kehadiran generasi ke-7 BMW Seri 7 menandai pencapaian mengagumkan BMW Indonesia seperti penjualan yang terus meningkat hingga model sedan mewah BMW yang sudah dirakit secara lokal.
 
"Pada tahun 2022, BMW Group Indonesia mencatat penjualan tertinggi sejak didirikan pada tahun 2001. Total penjualan BMW dan MINI sebanyak 3.742 unit, naik 21% dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 3.102 unit. BMW Group Indonesia berkomitmen tinggi terhadap pasar Indonesia dan akan terus kembangkan posisinya. Hal ini dicapai dengan menyediakan lebih banyak rangkaian kendaraan terbaru, termasuk rangkaian kendaraan yang diproduksi secara lokal," terang Ramesh. 
 
BMW Seri 7 pertama kali dirakit di Gaya Motor pada tahun 2016 yang lalu. Mulai bulan ini (Juni 2023), fasilitas BMW Production Network 2 telah memulai aktivitas perakitan BMW Seri 7 generasi ke 7. Hal ini selain memperlihatkan kepercayaan penuh BMW Group terhadap kemampuan Gaya Motor dalam merakit, menjamin kontrol kualitas dan manajemen sumber daya yang efektif, hal ini juga merupakan milestone penting bagi PT Gaya Motor maupun bagi industri otomotif Indonesia. 
 
"Tidak hanya transfer knowledge, investasi yang ditanamkan BMW Group di BMW Group Production Network 2, PT Gaya Motor untuk merakit kendaraan ini memungkinkan kami menjadi unit kerja yang lebih efisien yang pada akhirnya akan meningkatkan kapasitas produksi kami. Kami dapat memastikan bahwa seluruh kendaraan BMW yang diproduksi di Indonesia memiliki kualitas tinggi yang sama dengan kendaraan BMW yang diproduksi di fasilitas BMW lainnya di seluruh belahan dunia manapun,” ujar Presiden Direktur PT Gaya Motor, Juliaman Hutabarat. 

Makin mewah dan banjir fitur canggih


BMW Seri 7 menawarkan terobosan untuk kenikmatan berkendara, kenyamanan perjalanan jarak jauh, dan pengalaman digital yang luar biasa. Beberapa fitur khas BMW tetap dipertahankan, namun perbedaan model terbaru ini disempurnakan dengan fitur unik seperti BMW Theater Screen, pengalaman multisensory melalui BMW iDrive dengan BMW Curved Display dan Manoeuvre Assistant untuk parkir dan manuver otomatis.
 
Tampilan elegan dan sporty BMW Seri 7 terbaru diwujudkan lewat lampu depan melingkar kembar dan BMW kidney grille dengan pencahayaan berkontur, serta dikombinasikan dengan lampu depan kristal BMW Iconic Glow yang ekspresif. 
 
BMW Seri 7 Terbaru Rakitan Lokal Tak Kalah Mewah, Intip Fitur dan Harganya
 
Elemen desain M Sport Package termasuk ke dalam standar untuk BMW 735i M Sport yakni dengan M rear spoiler, velg 20 inci M aerodynamic 907 M bicolour dengan ban campuran dan M Sport brake, dark blue metallic.
 
Sedangkan untuk BMW i7 xDrive60 Gran Lusso menggunakan aksen BMW i Blue dengan velg 21 inci M aerodynamic 910 Multicolour Dark Grey 3D polished buff dengan ban campuran.
 
Beralih ke interior, kokpit BMW Seri 7 terbaru memiliki tombol fisik yang jauh lebih sedikit. Layar digital ini mengelompokan fungsi dan informasi dengan tampilan 12,3 inci di belakang kemudi dan tampilan kontrol dengan layar diagonal 14,9 inci. Setir kemudi dan gear selector di konsol tengah juga memiliki desain baru. BMW Interaction Bar juga siap menawarkan sensasi mobil mewah sesungguhnya.
 
Di Indonesia, BMW i7 xDrive60 Gran Lusso mengusung teknologi BMW eDrive generasi kelima dan memungkinkan pengisian daya 10-80% dalam waktu 34 menit saja dengan 195 kW (DC, fast-charging station). Dengan output maksimum 400 kW / 544 hp dan torsi hingga 745 Nm dari kedua mesin elektrik di depan dan belakang, mobil ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 4,7 detik. Adapun kapasitas baterai sebesar 101.7 kWh, jarak maksimum yang dapat ditempuh adalah antara 590 – 625km, tergantung gaya berkendara.
 
Sedangkan pada BMW 735i M Sport dilengkapi dengan teknologi 48V MHEV termasuk Remote Engine Start, dan mengusung mesin enam silinder dengan kapasitas 2,998 cc dengan BMW TwinPower Turbo technology. Tambahan teknologi 48V mild hybrid menghasilkan output maksimum 210 kW / 286 hp dan torsi maksimum 425 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai dalam 6,7 detik.
 
BMW 735i M Sport ditawarkan dengan harga Rp2.287.000.000 off-the-road, sedangkan BMW i7 xDrive60 Gran Lusso ditawarkan dengan harga Rp3.407.000.000 off-the-road. 
 
Untuk konsumen yang menginginkan sentuhan lebih eksklusif, tersedia pula BMW Individual Two-Tone untuk BMW i7 xDrive60 Gran Lusso dengan kombinasi dua pilihan warna untuk bagian atap (Oxide Grey dan Sapphire Black) dan empat pilihan warna bagian eksterior badan kendaraan (Sapphire Black, Oxide Grey, Dravit Grey, Aventurine Red, dan Tanzanite Blue) yang dapat dikombinasikan. Untuk BMW 735i M Sport tersedia enam pilihan cat eksterior untuk dapat dipesan.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(PRI)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif