Aksi Rifat Sungkar di AXCR 2022. Mitsubishi
Aksi Rifat Sungkar di AXCR 2022. Mitsubishi

Balap Mobil

Kepiawaian Ralliart Di Trek Offroad, Sabet Juara AXCR 2022

Ekawan Raharja • 29 November 2022 10:00
Buriram: Tim Mitsubishi Ralliart menunjukan kemampuannya dalam melibat trek-trek offroad. Bersama Mitsubishi Triton dan pereli Chayapon Yotha, tim tersebut mampu meraih juara di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022.
 
Secara keseluruhan, AXCR 2022 berlangsung dari tanggal 21 - 26 November 2022 di Thailand dan Kamboja dengan jarak total 1.524 kilometer (km), termasuk 637 km special stages (SS). Chayapon Yotha finis di posisi pertama dengan total waktu 8 jam, 22 menit, dan 42 detik, dan pembalap Rifat Sungkar finis di posisi kelima, tertinggal 17 menit 14 detik dari pemimpin klasemen.
 
Sebenarnya masih ada lagi 1 pereli Tim Mitsubishi Ralliart, Sakchai Hantrakul di mobil #119. Sayangnya, dia dinyatakan positif Covid-19 setelah SS1 dan harus menghentikan balapan.
 
Setelah absen selama tiga tahun, AXCR dimulai pada tanggal 21 November 2022 di Buriram, di bagian timur laut Thailand, di mana SS pertama dari reli dan seremonial start diadakan. Babak 1 pada tanggal 22 November hingga Babak 3 pada tanggal 24 November termasuk SS yang berlokasi di area sekitar Buriram.
 
Babak 4 pada tanggal 25 November menampilkan reli melintasi perbatasan ke Kamboja setelah menyelesaikan SS di sekitar Buriram, sedangkan Babak 5 pada tanggal 26 November berakhir di tujuan seremonial yang spektakuler di dekat Angkor Wat, objek wisata terkenal di Siem Reap, Kamboja.
 
Paruh pertama reli di Thailand sebagian besar terdiri dari etape berkecepatan tinggi di jalan beraspal yang kasar dan kering, sedangkan babak kedua lebih menantang dengan genangan air yang besar dan dalam yang tersebar di jalan berlumpur yang disebabkan oleh hujan lebat, dan jalur yang lebih sulit dibandingkan dengan lima tahapan sebelumnya menunggu para peserta di Kamboja.
 
Chayapon Yotha dengan mobil Triton bernomor #105 finis kelima di SS1 pada hari pertama. Pada hari kedua, ia mencatat waktu tercepat di SS2, SS terpanjang AXCR tahun ini dengan lintasan 203 km, dan naik ke posisi keseluruhan teratas. Setelah itu, kinerja mengemudi yang kuat dan handling Triton yang gesit membantunya menyelesaikan SS3 di urutan ketujuh, SS4 di urutan keenam, SS5 di urutan kelima, dan SS6 di urutan kelima, dan dia mempertahankan keunggulan yang telah dia bangun di SS2 untuk mengambil kemenangan keseluruhan.
 
Rifat Sungkar berada di mobil #118 finis SS1 di posisi keenam setelah rekan setimnya. Dia mengincar posisi yang lebih tinggi, tetapi setelah menderita ban kempes dan kerusakan sasis berikutnya di SS2, dia turun ke posisi kedelapan.
 
Pekerjaan perbaikan tim memungkinkannya untuk melanjutkan reli keesokan harinya, dan ia finis keempat di SS3, kelima di SS4, keempat di SS5, dan ketujuh di SS6, menyelesaikan reli di urutan kelima secara keseluruhan.
 
"Saya merasa beruntung sekali dan sangat bisa dibilang tersanjung dengan menjadi bagian tim ini. Sejujurnya saya tidak punya pengalaman sama sekali, cuma saya yakin Mitsubishi punya mobil hebat dan tim yang kuat," ujar Rifat pada Senin (28-11-2022) melalui jumpa pers virtual.
 
Direktur Tim Mitsubishi Ralliart, Hiroshi Masuoka, menyebutkan mengembangkan Triton dengan meningkatkan reliabilitas dan durabilitas dengan menyetel mesin dan sasis. Meski demikian, dia menjamin bahwa spesifikasi mobil yang digunakan ini tidak jauh berbeda dengan versi produksi standar.
 
"Meski begitu, kedua mobil reli Triton memberikan tenaga berkendara yang kuat dan saya sangat bangga dengan hasil akhir kami yang tinggi. Performa luar biasa datang dari para pembalap yang mampu mengekstraksi performa Triton dan menunjukkan kepada kami beberapa pengendaraan yang hebat, para insinyur yang bekerja setiap hari untuk melakukan penyetelan kendaraan dengan sempurna, semua staf yang memberikan dukungan, dan pengetahuan yang telah dikumpulkan Mitsubishi Motors selama bertahun-tahun," ujar Masuoka melalui keterangan resminya.
 
"Kami ingin menambah pengetahuan yang kami peroleh melalui partisipasi kami di AXCR kembali ke pengembangan kendaraan produksi, dan membangun kendaraan Mitsubishi yang lebih tangguh, lebih bertenaga, dan lebih andal."

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan